CEGAH IRITASI SAAT HAID

Gatal dan ruam pada area kewanitaan saat menstruasi adalah salah satu hal menyebalkan yang dialami oleh perempuan. Seringan apapun iritasi, tetap harus menjadi bahan perhatian dan mencari jalan keluar untuk mengatasi serta tindakan pencegahannya.


Iritasi karena penggunaan pembalut atau pantiliner umum terjadi pada perempuan. Biasanya iritasi yang terjadi menimbulkan ruam, kemerahan dan rasa gatal. Namun, perlu diingat pula bahwa tidak semua ruam pada area kewanitaan disebabkan oleh pembalut. Pada kasus tertentu, bisa disebabkan karena tingkat kelembapan tinggi dan pertumbuhan bakteri pada area sekitar organ kewanitaan (vagina). Selain itu penggunaan pembersih vagina berbentuk douche, spray atau sabun juga dapat menyebabkan iritasi karena mengganggu keseimbangan asam pada area vagina.

Mengapa Pembalut dapat Menyebabkan Iritasi?
Iritasi yang berujung dengan timbulnya ruam berasal dari kontak antara kulit dengan pembalut. Terdapat bahan dari pembalut yang tidak dapat diterima oleh kulit. Pembalut terbuat dari beberapa bahan yang berbeda-beda. Setiap bahan memiliki potensi sama untuk mengiritasi kulit. Berikut adalah komponen pada pembalut secara umum:

Bagaimana Mengatasi Iritasi karena Pembalut?
Beberapa langkah berikut mungkit dapat membantu mengatasi iritasi pada pembalut:

Cara Pencegahan Iritasi karena Pembalut
Iritasi yang disebabkan oleh pembalut dapat dicegah dengan menggunakan metode lain untuk melindungi pakaian dari darah menstruasi.

Banyak orang memiliki kulit yang lebih sensitif sehingga rentan mengalami iritasi atau reaksi alergi. Berkonsultasi dengan dokter merupakan jalan terbaik untuk mendapatkan terapi pengobatan atau saran tindakan pencegahan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Healthline. (2018, 29 Mei). Why Do Menstrual Pads Cause Rashes. Diperoleh 12 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/rashes-from-pads#prevention
  2. WebMD. (2018, 09 September). Genital Itching. Diperoleh 12 Oktober 2018 dari: https://www.webmd.com/sexual-conditions/sexual-health-genital-itching