MENGAPA DIABETES BISA PENGARUHI KESEHATAN JANTUNG

Diabetes selalu dihubungkan dengan pengaruhnya terhadap kesehatan jantung. Menurut mitos, sudah hal yang wajar jika orang dengan diabetes lalu mengalami gangguan pada jantung. Bagaimana penjelasannya? Apakah komplikasi diabetes pada jantung dapat dicegah?


Memang betul, jika diabetes dianggap dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Seseorang dengan diabetes memiliki resiko lebih tinggi mengalami serangan jantung atau stroke. Terdapat hubungan yang sangat dekat antara diabetes, penyakit jantung dan stroke. Bahkan menurut data, dua dari tiga orang dengan diabetes meninggal karena penyakit jantung atau stroke. Pembuluh darah yang tersumbat merupakan penyebab utama serangan jantung, stroke dan gangguan kesehatan lainnya.

Mengapa Diabetes dapat Menyebabkan Gangguan Jantung?
Diabetes merupakan penyakit yang dapat dikendalikan oleh beberapa tindakan seperti konsumsi obat dan pola hidup yang sehat. Namun, dalam kondisi kadar gula darah yang normal atau terkendali pun tetap dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut dikarenakan seseorang dengan diabetes, umumnya juga memiliki kondisi tubuh seperti:

Apakah Komplikasi Gangguan Jantung dapat Dicegah?
Tentu bisa. Menekan faktor resiko adalah langkah terbaik untuk mencegah atau meperlambat komplikasi gangguan jantung pada penderita diabetes. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Menekan faktor resiko dapat mencegah komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. American Diabetes Association. Heart Disease. Diperoleh 27 September 2018 dari: http://www.diabetes.org/living-with-diabetes/complications/heart-disease/
  2. American Heart Association. (2015, 30 Agustus). Cardiovascular Disease and Diabetes. Diperoleh 27 September 2018 dari: http://www.heart.org/en/health-topics/diabetes/why-diabetes-matters/cardiovascular-disease--diabetes
  3. Centers for Disease Control and Prevention. (2017, 21 Desember). Putting the Brakes on Diabetes Complications. Diperoleh 27 September 2018 dari: https://www.cdc.gov/features/preventing-diabetes-complications/index.html