JANGAN SEPELEKAN SAKIT PUNGGUNG SEBELAH KIRI

Sakit pada punggung bagian bawah mungkin sering dialami oleh sebagian besar orang. Dan seringkali kita menganggap kondisi tersebut biasa saja atau hanya karena terlalu capek. Namun, sakit punggung terkadang hanya dirasakan pada satu sisi saja. Pada halaman ini, akan dijelaskan kemungkinan penyebab sakit punggung bagian kiri.


Sakit punggung bawah sebelah kiri yang berulang kali, bahkan saat beraktifitas ringan bisa menjadi alarm dari tubuh untuk kondisi yang “tidak biasa”. Pada beberapa orang mengalami rasa sakit yang terus menerus atau konstan, sedangkan sebagian lain merasakan sakit yang datang dan pergi.
Sakit punggung yang dirasakan juga bervariasi pada orang-orang yang merasakan, ada yang merasa seperti ditusuk-tusuk atau terasa seperti disangga oleh papan. Sakit punggung yang dirasakan umumnya bertambah parah atau bereaksi ketika bergerak atau mendapatkan tekanan.

Penyebab Sakit Punggung Bawah Sebelah Kiri
Sakit punggung kiri bawah umumnya disebabkan oleh:

Sebagian besar kasus nyeri punggung bawah disebabkan oleh cedera ringan, seperti otot punggung bawah yang tegang atau ligament. Tegang otot kecil dapat sembuh dalam beberapa hari atau minggu, namun rasa sakit juga dapat terasa parah dan mengganggu aktifitas.
Tegang Otot
Otot yang tegang pada sisi kiri tulang belakang adalah sumber paling umum dari sakit punggung kiri bawah. Ketegangan otot yang menyokong dan mengelilingi tulang belakang dapat berasal dari aktifitas berat, posisi tidur yang tidak nyaman, berdiri atau duduk terlalu lama. Umumnya gejala yang muncuk adalah:

Batu Ginjal
Nyeri punggung kiri bawah yang disebabkan oleh batu ginjal dapat dirasakan ketika batu bergerak didalam ginjal kiri atau bergerak melalui ureter (salurang yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih). Gejala lainnya yaitu rasa sakit saat buang air kecil, kesulitan buang air kecil namun terus menerus memiliki keinginan untuk buang air kecil, muncul darah dalam urin, mual dan muntah.

Infeksi Ginjal
Infeksi pada ginjal kiri dapat menyebabkan nyeri punggung kiri bawah yang terus menerus. Infeksi ginjal umumnya dimulai pada saluran kemih dan kandung kemih lalu menyebar ke ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan lokal dan rasa sakit pada ginjal. Gejala lain yang mungkin juga akan muncul adalah demam, mual atau muntah. Nyeri umumnya dirasakan dia atas pinggul sebelah tulang belakang dan biasanya akan memburuk jika bergerak atau ada tekanan.

Gangguan Reproduksi
Mioma dan endometriosis merupakan dua kondisi yang umumnya menyebabkan sakit punggung kiri bawah. Nyeri akibat endometriosis umumnya dirasakan seperti menusuk yang disebabkan oleh jaringan yang tumbuh berlebih di rahim. Gejala lain yang muncul seperti sakit perut, mudah lelah dan nyeri yang parah saat menstruasi.  Mioma merupakan massa jinak yang tumbuh di rahim dan dapat menyebabkan nyeri punggung bawah, menstruasi yang tidak normal, sering buang air kecil dan nyeri saat berhubungan badan.

Penyakit Radang Usus
Penyakit radang usus ditandai dengan peradangan yang terjadi di sebagian besar usus besar. Peradangan biasanya menyebabkan gangguan pencernaan kronis seperti diare, nyeri pada dubur dan penurunan berat badan. Perut kram merupakan gejala umum pada penyakit radang usus yang menyebabkan punggung terasa nyeri dan juga terdapat nyeri pada satu atau kedua sisi perut.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Kiri
Mengatasi sakit punggung kiri sebenarnya dapat dilakukan dengan terapi sendiri terlebih dahulu. Beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Berkonsultasilah dengan dokter jika sakit punggung tidak mereda dan timbul gejala lain.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Healthline. (2018, 30 Juli). Lower Left Back Pain. Diperoleh 24 September 2018 dari: https://www.healthline.com/health/lower-left-back-pain
  2. Spine Health. (2017, 12 Mei). A Guide to Lower Left Back Pain. Diperoleh 24 September 2018 dari: https://www.spine-health.com/conditions/lower-back-pain/guide-lower-left-back-pain