AMANKAH RIASAN PERMANEN DILAKUKAN?

“Ingin deh, bangun tidur wajah sudah cantik.” Keinginan untuk tetap terlihat cantik sepanjang waktu bahkan saat bangun tidur atau berenang, menyebabkan riasan permanen sangat digemari oleh mayoritas wanita. Tapi amankah dilakukan?


Riasan permanen sedang menjadi trend untuk dilakukan, terutama pada wanita. Jika kurang puas dengan bentuk alis karena kurang tebal, dapat dilakukan sulam alis atau tato alis. Begitu juga dengan bagian tubuh lain, seperti sulam bibir, membentuk garis bibir atau memasang eyeliner permanen. Riasan permanen banyak digemari karena seseorang bisa tetap terlihat memakai riasan walaupun saat berenang atau bangun tidur.
Banyak pilihan tato artis atau make up artis atau penata rias yang dapat melakukan jasa pembuatan riasan permanen. Untuk pemilihannya, perlu melihat kondisi sebelum dan sesudah pada orang yang sudah pernah menggunakan jasanya. Pastikan mereka memiliki sertifikat kompetensi untuk melakukan pembuatan riasan permanen. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi saat sedang dilakukan pengerjaan atau setelahnya.

Bagaimana Riasan Permanen Dilakukan?
Proses yang dilakukan mirip dengan pembuatan tato. Riasan permanen akan dibuat pada tubuh dengan menggunakan jarum yang menembus kulit sehingga dapat memasukkan pewarna atau tinta. Kunci keberhasilan riasan permanen adalah pada sterilisasi alat, teknik pengerjaan dan perijinannya.

Langkah yang Dilakukan Saat Melakukan Riasan Permanen
Sebelum melakukan riasan permanen, perlu dilakukan uji alergi pada kulit untuk mengetahui reaksi alergi yang kemungkinan bisa terjadi terhadap tinta. Setelah dilakukan pemilihan warna yang sesuai selera maka penata rias akan memberikan gel anestesi dan melakukan pengerjaan dengan menggunakan pena bedah steril. Dibutuhkan waktu sekitar tiga minggu untuk pengelupasan warna dan memunculkan warna yang sebenarnya.

Amankah penggunaan riasan permanen?
Riasan permanen aman untuk dilakukan, namun tetap tidak menutup kemungkinan terjadinya beberapa efek samping saat dilakukan riasan permanen atau setelahnya. Kemungkinan efek samping yang dapat terjadi seperti:

Jangan Tergiyur dengan Harga Murah
Memastikan tenaga professional yang dipilih merupakan hal yang penting dilakukan sebelum melakukan pengerjaan riasan permanen. Berikut beberapa hal yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan:

Segeralah berkonsultasi ke dokter jika terjadi reaksi efek samping agar cepat dilakukan penanganan. Dan jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pembuatan riasan permanen.

Kunci keberhasilan riasan permanen adalah tenaga professional yang berkompetensi, sterilitas alat, dan teknik pengerjaan.


Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage dan Instagram VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Viva Apotek di kota Anda, info kesehatan dan promo menarik Viva Apotek.

Sumber:

  1. Alodokter. (2018, 30 Agustus). Ketahui Aturan Melakukan Sulam Alis yang Aman. Diperoleh 20 September 2018 dari: https://www.alodokter.com/ketahui-aturan-melakukan-sulam-alis-yang-aman
  2. WebMD. (2017, 29 Januari). Permanent Makeup. Diperoleh 20 September 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-tattooing
  3. WebMD. How Safe is Permanent Makeup. DIperoleh 20 September 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/features/how-safe-permanent-makeup#4