KEUNTUNGAN CEK TENSI RUTIN

Cek tensi rutin juga diperlukan pada orang sehat. Salah satunya sebagai evaluasi dari gaya hidup yang dilakukan.


Memeriksa tekanan darah secara rutin dirumah merupakan bagian penting untuk menjaga tekanan darah. American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi harus memantau secara rutin tekanan darahnya dirumah. Tensi rutin dirumah dapat membantu mengawasi tekanan darah dan memastikan obat yang dikonsumsi dapat berfungsi dengan baik ditubuh. Selain itu, juga dapat menjadi alarm atau pengingat potensi terjadinya komplikasi atau kondisi yang darurat.
Alat cek tekanan darah dapat dibeli dengan bebas. Penggunaan alat tensi yang digital lebih memudahkan seseorang untuk melakukan cek tensi mandiri. Beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan saat cek tensi sendiri dirumah:

Apakah keuntungan pengecekan tensi rutin dirumah?

Apakah yang harus diperhatikan saat membeli alat tensimeter?

Adakah perbedaan pengukuran antara lengan kanan dan kiri?
Pada beberapa penelitian telah dilakukan untuk menentukan perbedaan normal pengukuran pada lengan kanan dan kiri. Secara umum, perbedaan sekitar 10 mmHg masih dianggap normal.

Pemantauan tekanan darah dapat mencegah terjadinya komplikasi dan diagnosa lebih dini sehingga dapat menekan biaya untuk pengobatan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. American Heart Association. Monitoring Your Blood Pressure at Home. Diperoleh 13 September 2018 dari: http://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/understanding-blood-pressure-readings/monitoring-your-blood-pressure-at-home
  2. Mayo Clinic. (2018, 07 Maret). Get The Most Out of Home Blood Pressure Monitoring. Diperoleh 13 September 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/high-blood-pressure/art-20047889