YUK, BAKAR KALORI DENGAN TEPAT

Kalori lekat hubungannya dengan berat badan. Kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Namun asupan kalori yang lebih besar dari energy yang dihasilkan dapat meningkatkan berat badan. Bagaimana cara agar kalori terbakar dengan tepat?


Dalam program penurunan berat badan atau menjaga berat badan, salah satu kuncinya adalah menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Kalori akan lebih banyak terbakar ketika tubuh menjadi lebih aktif. Dan ketika kalori yang terbakar melebihi asupan kalori yang dikonsumsi maka akan menurunkan berat badan.

Mengurangi asupan kalori atau membakar kalori yang lebih penting?
Keduanya memiliki porsi penting yang sama. Perubahan pola makan atau diet dapat memberikan efek yang kuat pada penurunan berat badan. Namun, penurunan berat badan dengan perubahan pola makan tanpa aktifitas fisik dapat memberikan efek kurang bagus terutama pada orang lanjut usia. Menurunnya kepadatan tulang dan massa otot merupakan salah satu akibat dari diet tanpa olahraga pada lansia. Sehingga perlu menambahkan senam dan latihan untuk membantu mengatasi hilangnya kepadatan tulang dan otot. Selain itu, juga dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori.

Bagaimana cara membakar kalori?
Beberapa cara dapat dilakukan untuk mempercepat terjadinya pembakaran kalori.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Mayo Clinic. (2017, 05 Desember). Exercise for Weight Loss: Calories Burned in 1 Hour. Diperoleh 05 September 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/exercise/art-20050999
  2. WebMD. (2007, 11 Mei). 8 Ways to Burn Calories and Fight Fat. Diperoleh 05 September 2018 dari: https://www.webmd.com/diet/obesity/features/8-ways-to-burn-calories-and-fight-fat#4