KENALI MANFAAT TAHU

Tahu dikenal sebagai makanan sederhana yang memiliki tekstur lembut dan enak. Namun, ternyata kandungan nutrisinya sangat tinggi dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.


Tahu merupakan makanan yang berasal dari kedelai dan sangat lekat dengan orang Indonesia. Hamper setiap hari tahu dikonsumsi dalam berbagai jenis masakan atau camilan. Tahu dibuat dari endapan susu kedelai yang dikentalkan. Terdapat tiga jenis tahu yang umum dikonsumsi, yaitu tahu padat, tahu lembut, dan tahu sutra. Ketiga jenis tahu ini memiliki kandungan nutrisi yang serupa, namun untuk kandungan kalorinya berbeda berdasarkan kepadatan tahu.

Apakah kandungan nutrisi pada Tahu?
Tahu memiliki kandungan tinggi protein dan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Tahu juga mengandung lemak, karbohidrat dan banyak jenis vitamin dan mineral. Dalam 100 gram tahu mengandung:

Tahu hanya memiliki total 70 kalori, sehingga tahu merupakan makanan yang sangat kaya nutrisi.

Apakah manfaat Tahu bagi kesehatan?
Menurunkan resiko penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan termasuk kedelai dapat menurunkan reisiko terjadinya penyakit jantung. Kandungan isoflavon pada kedelai dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Isoflavon juga diketahui dapat memberikan perlindungan pada jantung dengan cara menurunkan Indeks Massa Tubuh (IMT), lingkar pinggang dan meningkatkan kolesterol baik. Selain isoflavon, diketahui kandungan saponin pada kedelai juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan resiko beberapa jenis kanker
Penelitian menunjukkan bahwa tahu dapat menurunkan resiko terjadinya kanker payudara, prostat dan sistem pencernaan.

Menurunkan resiko diabetes
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa isoflavon kedelai dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Dalam satu penelitian wanita setelah menopause yang sehat, 100 mg isoflavon kedelai per hari dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 15% dan meningkatkan kadar insulin sebesar 23%.

Meningkatkan fungsi otak
Isoflavon pada kedelai dapat meningkatkan ingatan dan fungsi otak, terutama pada wanita yang berusia lebih dari 65 tahun.

Meningkatkan kesehatan tulang
Penelitian menunjukkan 80mg isoflavon pada kedelai per hari dapat menurunkan pengeroposan tulang, terutama dia awal menopause.

Meningkatkan elastisitas kulit
Mengkonsumsi 40mg isoflavon kedelai per hari dapat menyamarkan keriput dan meningkatkan elastisitas kulit selama 8-12 minggu.

Dengan banyaknya manfaat dan tingginya kandungan nutrisi pada tahu, maka sebaiknya mulailah mengkonsumsi tahu jika anda bukan pecinta tahu.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Alodokter. Manfaat Tahu dan Resep Sehat Olahannya. Diperoleh 14 Agustus 2018 dari: https://www.alodokter.com/manfaat-tahu-dan-resep-sehat-olahannya
  2. Healthline. (2017, 03 Juni). What is Tofu and Is It Good for You. Diperoleh 14 Agustus 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/what-is-tofu
  3. World Healthiest Foods. Tofu. Diperoleh 14 Agustus 2018 dari: http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=111