ADAKAH MAKANAN PENINGKAT DAYA TAHAN TUBUH ANAK

Makanan tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan rasa lapar. Kandungan pada makanan juga perlu diperhatikan agar tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, makanan juga dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pemilihan makanan sangat dibutuhkan agar makanan yang dikonsumsi tidak menyebabkan sakit pada anak.


Anak-anak umumnya memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dibanding orang dewasa. Sehingga makanan dan camilan yang dikonsumsi sebaiknya memiliki kandungan yang bagus untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Buah dengan kandungan tinggi vitamin C
Vitamin C memiliki fungsi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diduga vitamin C bekerja dengan meningkatkan pembentukan sel darah putih. Buah yang mengandung tinggi vitamin C, seperti jeruk dan lemon. Asupan vitamin C dibutuhkan setiap hari karena tubuh tidak dapat membentuk sendiri atau menyimpannya.

Brokoli
Brokoli mengandung vitamin dan mineral. Brokoli mengandung tinggi vitamin A, C, E, antioksidan dan serat. Brokoli sebaiknya diolah tanpa dimasak atau dimasak dalam waktu sebentar.

Bayam
Bayam tidak hanya mengandung tinggi vitamin C, namun juga mengandung antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Untuk tetap mendapatkan kandungan yang maksimal dari bayam maka sebaiknya bayam dimasak dalam waktu yang cepat. Memasak bayam dalam waktu yang lama dapat merusak nutrisi yang terdapat didalamnya.

Yogurt
Yogurt memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Vitamin D dalam tubuh memiliki peran membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pertahanan alami tubuh dari penyakit. Yogurt juga mengandung bakteri baik yang umumnya disebut probiotik. Yogurt dapat membantu tubuh melawan penyakit. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi yogurt memiliki resiko 19% lebih rendah mengalami flu, infeksi telinga, dan radang tenggorokan.

Almond
Kacang-kacangan seperti almond mengandung banyak vitamin dan lemak sehat. Tahukah bahwa 46 kacang almond utuh dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dalam sehari. Vitamin E memiliki peran untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Teh Hijau
Teh hijau dan hitam memiliki kandungan flavonoid yang merupakan sejenis antioksidan. Antioksidan kuat yang terkandung dalam teh hijau adalah Epigallocatechin gallate (EGCG). Menurut penelitian, EGCG telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Namun, pada proses fermentasi teh hitam dapat menghancurkan banyak kandungan EGCG. Sedangkan pada teh hijau, tidak dilakukan proses pengolahan seperti teh hitam sehingga EGCG dapat tetap dalam teh hijau. Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-tehanine yang baik. Peran L-tehanine dalam tubuh adalah membantu pembentukan senyawa untuk sistem kekebalan tubuh.

Pepaya
Pepaya merupakan buah yang mengandung vitamin C. dalam satu pepaya utuh dapat mengandung vitamin C lebih dari jumlah kebutuhan tubuh. Pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang dapat memberikan efek meredakan radang. Pepaya memiliki kandungan kalium, vitamin B dan folat, dimana semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kiwi
Kiwi memiliki kandungan nutrisi seperti folat, kalium, vitamin K dan vitamin C.  Peran vitamin C dalam tubuh adalah meningkatkan pembentukan sel darah putih untuk melawan infeksi. Fungsi nutrisi lain dari kiwi adalah menjaga agar seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

Daging unggas
Tahukah anda bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala pilek. Daging ungags seperti ayam memiliki kandungan vitamin B-6 yang tinggi. Vitamin B6 berfungsi penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah.

Semangka
Ketika semangka sudah matang maka juga banyak antioksidan yang disebut glutathione. Kandungan antioksidan ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi.

Ubi
Ubi memiliki kandungan beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A. Kandungan vitamin A dapat mengatasi radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Memberikan makanan sehat pada anak dapat mencegahnya dari penyakit seperti flu, pilek atau penyakit lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2017, 16 Maret). 15 Foods That Boost the Immune System. Diperoleh 27 Juli 2018 dari: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system
  2. WebMD. (2013, 29 Januari). Immunity-Boosting Snacks for Kids. Diperoleh 27 Juli 2018 dari: https://www.webmd.com/parenting/features/immune-system#1
  3. WebMD. (2016, 17 September). 16 Foods That Boost Immune System. Diperoleh 27 Juli 2018 dari: https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-immune-foods