PILIHLAH TAS SEKOLAH TEPAT UNTUK ANAK

Memasuki masa tahun ajaran baru, para orang tua umumnya mempersiapkan kebutuhan sebelum masuk sekolah. Salah satu barang yang wajib di persiapkan adalah tas sekolah. Tas sekolah merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan semua kebutuhan anak-anak. Namun, apakah tas sekolah yang memiliki kelebihan beban dapat menyebabkan resiko gangguan kesehatan yang serius?


Tas sekolah digunakan oleh seorang anak untuk membawa sejumlah buku sekolah dan barang-barang dengan efisien. Tas sekolah yang dipilih umumnya adalah yang berjenis ransel atau tas punggung. Beban pada ransel akan mengenai otot punggung, leher dan bahu. Dampak penggunaan ransel dengan beban berlebihan adalah:

Bagaimana cara melindungi punggung untuk anak-anak?
Terdapat beberapa cara untuk melindungi punggung pada anak-anak:
Pilihlah tas punggung
Penggunaan tas selempang membuat beban hanya tertumpu pada satu bagian pundak, sehingga tidak seimbang. Kondisi tersebut membuat pundak tertarik sehingga dapat memicu nyeri pada leher, pundak dan punggung. Sebaliknya, tas punggung akan membagi beban ke kedua punggung. Sehingga lebih baik menggunakan tas punggung daripada tas selempang.

Gunakan tas beroda
Penggunaan tas punggung yang beroda dapat memudahkan untuk membawa tas. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa kelasnya tidak perlu menaiki tangga sehingga jika mengangkatnya juga dapat memicu sakit punggung.

Menggunakan tas dengan benar
Menggunakan tas punggung juga perlu ditunjang dengan mengatur tali bahu hingga nyaman sehingga pas dengan tubuh. Atur juga tinggi tas setidaknya 5cm dari atas pinggang. Jika tas punggung anak memiliki sabuk pinggang, maka kencangkan dengan baik. Hindari menggunakan tas hanya pada satu bahu. Membawa ransel hanya diatas satu bahu akan membuat ketegangan otot untuk mengimbangi berat yang tidak rata. Tulang belakang akan condong pada sisi yang berlawanan dan menekan punggung bagian tengah, tulang rusuk dan punggung bawah lebih pada satu sisi daripada yang lain. Ketidakseimbangan otot ini dapat menyebabkan ketegangan otot, kejang otot dan nyeri punggung dalam jangka pendek dan mempercepat gangguan pada punggung.

Memilih bentuk tas dengan tali yang tepat
Bentuk tas dan tali harus dipilih dengan benar. Pilihlah tali pundak yang agak lebar dan memiliki bantalan yang empuk. Selain itu, pilih juga tali yang memiliki rangka plastik. Rangka tersebut dapat membantu dalam membagi beban didalam tas, sehingga anak merasa nyaman saat membawa tasnya.

Cara menggunakan ransel
Cara menggunakan tas punggung juga merupakan hal penting untuk diperhatikan. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar cedera penggunaan ransel terjadi karena penggunaannya yang tidak benar.

Bawa perlengkapan yang hanya digunakan pada hari itu
Perhatikan barang yang dibawa oleh anak agar tidak membawa beban berlebihan. Sebaiknya anak membawa barang yang diperlukan saja untuk hari itu. Hal itu dapat membantu menghindari nyeri.

Sumber:

  1. Alodokter. Tips Memilih Tas Sekolah Anak. Diperoleh 06 Juli 2018 dari: https://www.alodokter.com/tips-memilih-tas-sekolah-anak
  2. Chiropractic. How to Ensure Backpacks are Safe for Your Child’s Back. Diperoleh 06 Juli 2018 dari:  https://www.chiropractic.ca/blog/back-to-school-2015-how-to-ensure-backpacks-are-safe-for-your-childs-back/
  3. Spine-Health. (2012, 08 Oktober). Backpack and Back Pain in Children. Diperoleh 06 Juli 2018 dari: https://www.spine-health.com/wellness/ergonomics/backpacks-and-back-pain-children
  4. WebMD. Heavy Backpacks Can Hurt Student backs. Diperoleh 06 Juli 2018 dari: https://www.webmd.com/back-pain/news/20040813/heavy-backpacks-can-hurt-student-backs