CARA MENGATASI KULIT SENSITIF

“Kulit saya ini sensitif” Banyak orang yang sering mengatakan bahwa memiliki kulit sensitif, entah karena produk perawatan kulit atau deterjen yang menyentuh kulit. Reaksi yang umumnya dialami adalah seperti rasa pedih, terbakar, kemerahan atau sesak. Pada beberapa orang tidak mengalami reaksi yang terlihat, tetapi tetap membuat kulit merasa tidak nyaman.


Kulit sensitif bukanlah penyakit yang dapat didiagnosis oleh dokter. Umumnya seseorang baru mulai mengetahui memiliki kulit sensitif ketika memiliki reaksi buruk terhadap produk kosmetik. Efek yang ditimbulkan karena memiliki kulit sensitif jarang menjadi kondisi yang serius dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya ketika pemakaian dihentikan.

Apakah penyebab reaksi kulit sensitif?
Penyebab reaksi kulit senstif adalah:

Kulit dapat menjadi kering ketika terlalu banyak kehilangan air dan minyak. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi:

Kulit kering dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, namun sangat umum terjadi di kaki, tangan, lengan dan kaki bagian bawah.

Bagaimana cara mengatasinya?
Memiliki kulit sensitif sering kali membuat seseorang merasa kulitnya mudah untuk mengalami iritasi. Mengubah kebiasaan bisa membantu kondisi kulit menjadi lebih baik. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

Seseorang yang memiliki kulit kering, berikut beberapa cara untuk perawatanya agar tetap memiliki kelembapan.

Bagaimana jenis kosmetik yang sesuai dengan kulit sensitif?
Jika memiliki kulit sensitif, American Academy of Dermatology merekomendasikan produk seperti:

Bagaimana cara pengujian reaksi sensitifitas kulit terhadap produk perawatan kulit yang baru?
Sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang baru, maka perlu dilakukan beberapa langkah:

Sumber:

  1. Healthline. (2018, 17 Januari). What Causes Sensitif Skin and How Can I Care for It. Diperoleh 25 Januari 2018 dari: https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitif-skin
  2. WebMD. (2018, 01 Juni). 20 Common Question About Sensitif Skin. DIperoleh 25 Januari 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/sensitif-skin-20-questions#5