NANAH PADA GUSI

Pernahkah mengalami gusi yang bernanah? Gusi yang bernanah dapat menimbulkan rasa sakit yang parah dan menyebabkan susah untuk makan. Apakah penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya?


Nanah atau abses pada gusi merupakan kantong nanah yang dapat berkembang dibanyak bagian tubuh termasuk bagian dalam mulut. Beberapa orang mengalami nanah pada gigi yang mempengaruhi area disekitar gigi. Namun, nanah juga dapat terjadi pada gusi. Kondisi tersebut disebut juga abses periodontal, abses gusi merupakan kondisi yang menyebabkan nyeri dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius.

Apakah penyebabnya?
Abses pada gusi terjadi ketika bakteri pada mulut menyebabkan infeksi di ruang antara gigi dan gusi. Umumnya abses periodontitis disebabkan karena buruknya kebersihan kondisi mulut. Penyakit periodontitis adalah kondisi peradangan pada gusi yang disebabkan oleh menumpuknya plak di bawah gusi. Plak merupakan lapisan bakteri yang lengket dan tidak berwarna. Plak dapat hilang dengan melakukan sikat gigi dan floss secara teratur setiap hari.

Bagaimana gejalanya?
Abses dapat menyebabkan nyeri yang menetap dan parah pada satu area. Akan terdapat area yang bengkak dan kemerahan. Tanda dan gejala lain dari abses gusi adalah:

Apakah faktor resiko terjadinya abses?
Terdapat 2 faktor resiko yang meningkatkan terjadinya abses, yaitu:

Bagaimana cara mencegah terjadinya abses atau nanah?
Menghindari kerusakan gigi sangat penting untuk mencegah abses gigi dan gusi. Lakukan perawatan pada gigi untuk menghindari kerusakan gigi dan gusi:

Sumber:

  1. Healthline. (2018, 26 Februari). Gum Abscess. Diperoleh 21 Juni 2018 dari: https://www.healthline.com/health/gum-abscess
  2. Mayo Clinic. (2017, 16 Agustus). Tooth Abscess. Diperoleh 21 Juni 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tooth-abscess/symptoms-causes/syc-20350901