MENJAGA KOLESTEROL TETAP NORMAL SELAMA LEBARAN

Lebaran merupakan salah satu momen untuk berkumpul dengan keluarga dan saudara. Dan selalu dilengkapi dengan sajian makanan yang lezat. Lalu bagaimana dengan kabar kadar kolesterol? Apakah orang dengan kadar kolesterol tinggi dapat tetap menikmati sajian selama lebaran?


Terdapat beberapa cara untuk “mengakali” agar tetap menikmati makanan dan kolesterol tetap dalam kondisi normal.

Pilihlah Jenis Makanan
Umumnya makanan yang disajikan selama berkumpul dengan keluarga mengandung tinggi lemak dan kolesterol. Pilihlah makanan yang akan anda konsumsi. Perbanyak sayuran dari pada daging. Batasi konsumsi makanan yang terbuat dari santan.

Pilihlah Jenis Daging
Konsumsi daging tanpa kulit dan cari potongan yang tipis. Jika anda mengkonsumsi daging ayam, maka pilihlah yang bagian dada dan tanpa kulit.

Tetap Berolahraga
Meskipun sedang menikmati libur selama lebaran, sebaiknya tetaplah merencanakan untuk berolahraga secara rutin. Minimal 30 menit setiap harinya, dapat membantu menurunkan kadar LDL, meningkatkan kadar HDL dan menjaga kesehatan jantung. Beberapa jenis olaharaga yang tetap dapat dilakukan selama liburan, seperti lari, berjalan, atau senam.

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat
Serat memiliki sifat yang mudah larut dalam air. Serat dicerna oleh usus dengan bantuan bakteri yang hidup didalam usus. Bakteri baik ini disebut dengan probiotik yang juga dapat membantu mengurangi jenis lipoprotein yang berbahaya seperti LDL. Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa serat yang larut dalam air juga dapat membantu kerja obat golongan statin yang sedang dikonsumsi.

Miliki Satu Anggota Keluarga untuk Memonitoring
Melihat banyak makanan, sering kali menyebabkan seseorang menjadi kalap dan ingin mengkonsumsi semua makanan. Memiliki anggota keluarga yang selalu mengingatkan untuk membatasi jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi dapat sangat membantu dalam upaya menjaga kadar kolesterol tetap di rentang yang normal selama lebaran.

Miliki Waktu untuk Meredakan Stress
Bertemu keluarga tidak selalu merupakan kondisi yang santai. Kegiatan seperti menyiapkan makanan atau menjemput keluarga dari luar kota dapat memicu terjadinya stress. Luangkan waktu sejenak untuk rileks atau bersantai karena stress dapat memicu keinginan makan yang berlebihan.

Konsumsi Obat Secara Rutin
Memiliki kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko mengalami beberapa kondisi lain, seperti diabetes dan penyakit jantung. Tetap bawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi dan pasanglah alarm untuk membantu mengingatkan jadwal minum obat.

Tetap pertahankan gaya hidup sehat selama liburan. Pastikan kadar kolesterol anda tetap normal setelah libur lebaran, agar aktifitas anda dapat tetap berjalan dengan baik setelah berlibur.

Sumber:

  1. Healthline. (2017, 11 Desember). 10 Natural Ways to Lower Your Cholesterol Levels. Diperoleh 11 Juni 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lower-cholesterol#section8
  2. Health Central. (2017, 26 Agustus). Managing Your Cholesterol During the Holidays. Diperoleh 11 Juni 2018 dari: https://www.healthcentral.com/slideshow/managing-your-cholesterol-during-holidays#slide=2  
  3. Mayo Clinic. (2015, 19 Juni).  Top 5 Lifestyle Change to Improve Your Cholesterol. Diperoleh 11 Juni 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/reduce-cholesterol/art-20045935
  4. WebMD. (2008, 03 Desember). Holidays Foods for the Cholesterol-Conscious. Diperoleh 11 Juni 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lower-cholesterol#section8