TIPS MUDIK SEHAT BERSAMA ANAK

Mudik bersama anak berumur dibawah 10 tahun atau bayi dibawah 5 tahun memang tidaklah mudah. Kelelahan dan bosan merupakan dua hal yang umumnya menyebabkan anak menjadi rewel.


Perencanaan yang matang dan memperhitungkan waktu tempuh perjalanan dapat membantu untuk mencegah anak menjadi rewel. Berikut beberapa tips agar mudik tetap sehat dan ceria bersama anak.

Bagaimana cara mencegah mabuk perjalanan pada anak?

Jika anak mulai mengalami tanda-tanda mabuk, maka hentikan mobil sesegera mungkin dan biarkan anak keluar dari mobil dan berjalan-jalan atau berbaring telentang selama beberapa menit dengan mata tertutup. Meletakkan kain dingin di dahi anak juga dapat membantu meredakan mabuk.

Berapakah usia bayi yang boleh ikut perjalanan mudik?
Tidak ada batasan baku mengenai usia bayi yang dapat diajak bepergian jauh. Umumnya bayi dengan usia diatas 1 bulan sudah bisa diajak untuk bepergian jauh. Beberapa tips yang dapat dilakukan saat akan membawa bayi bepergian jauh:

Bagaimana persiapan membawa bayi mudik dengan pesawat?
Membawa bayi untuk naik pesawat merupakan keputusan yang tergolong aman jika dipersiapkan dengan baik. Sebelum berpergian atau memesan tiket, terdapat beberapa hal yang patut dipersiapkan

Selama didalam pesawat, pastikan bayi berada dalam posisi yang nyaman. Berikut ini adalah hal-hal yang patut menjadi perhatian:

Tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan dengan bayi atau anak dibawah usia 10 tahun. Beberapa tips diatas dan persiapan yang matang dapat membantu melancarkan perjalanan.

Sumber:

  1. Alodokter. Ini yang Harus Dilakukan Agar Perjalanan dengan Bayi Tetap Nyaman. Diperoleh 08 Juni 2018 dari: https://www.alodokter.com/ini-yang-harus-dilakukan-agar-perjalanan-dengan-bayi-tetap-nyaman
  2. Alodokter. Persiapan Naik Pesawat dengan Bayi. Diperoleh 08 Juni 2018 dari: https://www.alodokter.com/amankah-bepergian-dengan-pesawat-bersama-bayi
  3. Mayo Clinic. (2018, 03 Februari). Is Air Travel Safe for An Infant. Diperoleh 08 Juni 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/air-travel-with-infant/faq-20058539