TIPS MUDIK SELAMA PERJALANAN

Mudik bertujuan untuk bertemu orang tua dan keluarga di kampung halaman. Melakukan perencanaan yang matang sebelum melakukan perjalanan jauh merupakan cara terbaik agar mudik aman dan tetap sehat.


Mudik merupakan tradisi yang melekat di masyarakat Indonesia ketika momen Idul Fitri. Sebagaimana perjalanan jauh lainnya, mudik membutuhkan kondisi kesehatan yang optimal. Kebugaran tubuh merupakan salah satu bagian yang penting untuk dipersiapkan saat mudik. Dalam perjalanan mudik, banyak hal dapat terjadi sehingga perlu meminimalkan resiko gangguan selama di perjalanan

Tips Menjaga Kesehatan Dalam Berkendara

Hal lain yang harus dipersiapkan agar dapat menikmati mudik sehat dan nyaman adalah dengan menyiapkan obat-obatan untuk dibawa serta. Beberapa obat yang bisa dipersiapkan untuk dibawa mudik adalah suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina, obat maag, obat anti mabuk perjalanan, obat anti diare, dan obat pereda flu.

Pentingkah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi?
Penting. Pemeriksaan kesehatan pada pengemudi di fasilitas pelayanan kesehatan perlu untuk dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh memiliki beberapa tujuan seperti:

Bagaimana cara peregangan selama di perjalanan?
Peregangan dapat dilakukan setiap 4 jam atau saat pengemudi merasa lelah atau mengantuk. Peregangan yang dilakukan memiliki manfaat untuk  mengurangi ketegangan otot, mengurangi resiko nyeri punggung, mengurangi resiko cedera otot atau kram dan membuat rileks. Peregangan juga dapat dilakukan didalam kendaraan saat terjadi kemacetan. Berikut cara melakukan peregangan:

Lakukan persiapan yang matang sebelum melakukan perjalanan jauh agar selamat sampai tujuan

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Depkes RI. Buku Informasi Dukungan Sektor Kesehatan Pada Mudik Lebaran tahun 2017. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2017
  2. Alodokter. Tidak Perlu Buru-Buru, Utamakan Mudik Aman dan Sehat. Diperoleh 07 Mei 2018 dari: https://www.alodokter.com/tidak-perlu-buru-buru-utamakan-mudik-aman-dan-sehat