TANGANI DIARE DENGAN TEPAT

Diare merupakan gangguan pada pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang dan pada segala usia. Namun, tidak semua orang tahu cara menangani diare dengan tepat. Terapi pengobatan yang tepat dan perubahan pola makan merupakan kunci mengatasi diare.


Tahukah anda, bahwa diare merupakan cara tubuh untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan. Diare akut berlangsung kurang dari dua minggu dan dapat disebabkan dari berbagai hal, seperti infeksi virus dan bakteri, keracunan makanan, efek samping penggunaan antibiotik dank arena air yang terkontaminasi oleh kuman.

Bagaimana terapi pengobatan yang tepat untuk diare?

Apakah jenis makanan yang meringankan diare?
Beberapa makanan tertentu dapat membantu meringankan gejala diare dan membantu tubuh agar tetap sehat. Makanan yang memiliki kandungan serat rendah dapat membantu mengencangkan kotoran, seperti pisang, nasi putih dan roti panggang. Makanan lain yang dapat ditoleransi dengan baik ketika mengalami diare adalah seperti oatmeal, kentang rebus atau panggang, ayam panggang tanpa lemak dan sop ayam.

Apakah jenis makanan yang harus dihindari saat diare?
Makanan yang digoreng dan berlemak umumnya tidak dapat ditoleransi dengan baik pada orang yang mengalami diare. Makanan yang berserat tinggi perlu untuk dihindari. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari seperti alcohol, pemanis buatan, kacang polong, brokoli, kubis, buncis, kopi, jagung, es krim, sayuran berdaun hijau, susu, paprika dan teh.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?
Pada umumnya diare dapat diatasi dengan mengunakan obat yang dapat dibeli bebas, beristirahat, dan menjaga asupan makanan. Namun, pada beberapa kondisi perlu untuk berkonsultasi dengan dokter. Berikut beberapa kondisi yang memerlukan konsultasi dengan dokter adalah:

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Drug. Antidiarrheals. Diperoleh 27 April 2018 dari: https://www.drugs.com/drug-class/antidiarrheals.html
  2. Healthline. (2017, 18 April). The 5 Most Effective Diarrhea Remedies. Diperoleh 27 April 2018 dari: https://www.healthline.com/health/digestive-health/most-effective-diarrhea-remedies
  3. Healthline. (2017, 06 Juni). What to Eat When You Have Diarrhea. Diperoleh 27 April 2018 dari: https://www.healthline.com/health/what-to-eat-when-you-have-diarrhea