APAKAH PENYEBAB SAKIT PERUT PADA SI KECIL?

Sakit perut pada anak atau bayi dapat disebabkan oleh beberapa gangguan yang tidak serius. Cara mengatasinya pun bisa tanpa pengobatan dan hanya dengan perawatan dirumah.


Nyeri perut pada anak merupakan masalah yang umum terjadi. Keluhan nyeri perut sering terjadi pada anak-anak dibawah 11 tahun yang sering kali disebabkan oleh perubahan kebiasaan makan dan buang air besar. Pada umumnya kasus sakit perut  bukan merupakan masalah serius dan hanya membutuhkan penanganan tanpa pengobatan untuk meredakan rasa tidak nyaman.

Apakah penyebab terjadinya sakit perut pada anak-anak?
Pada anak-anak, sakitperut dapat berkaitan dengan luka pada perut atau gangguan kesehatan seperti infeksi saluran kemih. Konstipasi atau sembelit adalah penyebab umum sakit perut pada anak-anak. Beberapa penyebab lain sakit perut yang lebih serius pada anak-anak adalah radang usus buntu, keracunan timbal atau masalah pada usus.

Berikut kemungkinan penyebab terjadinya sakit perut berdasarkan usia:

Munculnya sakit perut sering kali disertai oleh keluarnya gas. Timbulnya gas dapat berasal dari:

Bagaimana tanda dan gejala sakit perut pada anak?
Tanda dan gejala penyerta yang terjadi ketika anak mengalami nyeri perut:

Kolik merupakan salah satu penyebab umum sakit perut pada bayi dibawah usia 3 bulan. Namun, belum dapat diketahui pemicu terjadinya kolik. Bayi yang mengalami kolik akan memberikan gejala:

Pada anak-anak yang sudah dapat berkomunikasi, maka orang tua dapat menanyakan kepada anak tentang keluhan nyeri perut yang terjadi. Beberapa gejala yang dapat menandakan bahwa sakit perut yang terjadi merupakan tanda penyakit yang serius:

Bagaimana cara mengatasi?
Untuk mengatasi nyeri perut dapat dilakukan dengan penanganan dirumah seperti:

Bagaimana cara mencegah terjadinya sakit perut yang berulang?

Berkonsultasilah pada dokter jika gejala yang terjadi bertambah parah atau mengarah pada masalah kesehatan yang lebih serius.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Patient. (2016, 11 Agustus). Acute Abdominal Pain in Children. Diperoleh 19 Maret 2018 dari: https://patient.info/doctor/acute-abdominal-pain-in-children
  2. WebMD. Abdominal Pain, Age 11 and Younger. Diperoleh 16 Maret 2018 dari: https://www.webmd.com/children/tc/abdominal-pain-age-11-and-younger-topic-overview
  3. WebMD. How to Soothe Your Child’s Stomachache. Diperoleh 16 Maret 2018 dari: https://www.webmd.com/children/guide/help-child-tummyache#1