BAGAIMANA CARA MEMBACA INFORMASI NILAI GIZI PRODUK KEMASAN?

Pernahkah anda membaca label nutrisi atau nilai gizi pada produk makanan kemasan? Ternyata informasi tersebut bermanfaat untuk pemilihan makanan terutama bagi orang yang sedang program memperbaiki berat badan atau memiliki penyakit tertentu.


Nilai gizi pada produk makanan kemasan bertujuan untuk memberikan informasi terkait gizi yang terkandung dalam produk makanan tersebut. Informasi tersebut dapat membantu menjaga berat badan dan memilih produk makanan secara bijak. Pada label nilai gizi akan terdapat pula keterangan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang merupakan angka rata-rata kecukupan gizi setiap hari bagi semua orang menurut golongan umur, jenis kelamin, ukuran tubuh, aktifitas tubuh dan kondisi fisiologis khusus untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Apakah semua makanan mencantumkan terdapat label nilai gizi?
Tidak semua makanan memiliki label nilai gizi. Pencantuman informasi nilai gizi diwajibkan pada produk makanan yang memuat keterangan tertentu, yaitu:

Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan zat gizi lain yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan komponen serta turunannya, termasuk energi.

Bagaimana cara memahami informasi nilai gizi pada produk makanan?
Takaran saji
Informasi tentang takaran saji adalah jumlah produk makanan yang umumnya dikonsumsi dalam satu kali makan, dinyatakan dalam ukuran rumah tangga yang sesuai untuk produk pangan tersebut. Ukuran rumah tangga meliputi antara lain sendok the, sendok makan, sendok takar, gelas, botol, kaleng, mangkuk/cup, bungkus, sachet, keeping, buah, biji, potong, iris. Penentuan takaran saji pada produk makanan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Jumlah kalori
Kalori yang tercantum adalah untuk satu porsi makanan. Kalori dari lemak menunjukkan jumlah kalori dalam lemak pada satu porsi. Produk yang bebas lemak belum tentu bebas kalori.

Persentase AKG
Bagian ini menginformasikan tentang bagaimana nutrisi dalam satu porsi makanan berperan dalam total nutrisi yang dibutuhkan sehari. Gunakan informasi ini untuk memilih makanan yang tinggi nutrisi dan mengurangi konsumsi makanan yang rendah nutrisi. Nilai harian berdasarkan pada pola makan dengan 2000 kalori. Namun, kebutuhan nutrisi kemungkinan akan tergantung pada seberapa aktif secara fisik.

Apakah kegunaan persentase AKG?
Persentase AKG merupakan panduan umum untuk membantu menghubungkan nutrisi dalam satu porsi makanan dengan total kebutuhan nutrisi dalam sehari. Hal ini dapat membantu untuk menentukan makanan yang mengandung gizi tinggi atau rendah. Jika suatu nutrisi tertulis persentase AKG kurang dari 5% maka kandungannya rendah dalam produk makanan tersebut. Namun jika suatu nutrisi tertulis lebih dari 20% maka kandungannya tinggi dalam produk makanan tersebut.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Food and Drug Administration. (2018, 03 Januari). How to Understand and Use The Nutrition Facts Label. Diperoleh 14 Maret 2018 dari: https://www.fda.gov/Food/LabelingNutrition/ucm274593.htm
  2. Food and Drug Administration. (2018, 03 Januari). Using The Nutrition Facts Label: A How-To Guide for Older Adults. Diperoleh 14 Maret 2018 dari: https://www.fda.gov/Food/ResourcesForYou/Consumers/ucm267499.htm
  3. (BPOM) Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2005. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia nomor HK.00.06.51.0475. BPOM. Jakarta