TIPS MENJAGA KESEHATAN PADA WANITA

Melakukan kebiasaan hidup sehat merupakan cara terbaik untuk menghindari penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.


Mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan mengatur kestabilan emosi memiliki dampak untuk menjaga kesehatan. Berikut tips untuk dapat menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi makanan alami
Makanan kemasan dan olahan umumnya mengandung tinggi gula, garam, lemak tidak sehat, dan kalori. Pilihlah jenis makanan sehat yang alami seperti:

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak, lemak sehat, karbohidrat tepat, dan serat lebih baik dari pada melakukan diet ketat.

Menjaga kestabilan emosi
Umumnya wanita sering berada dalam kondisi stress karena pekerjaan, anak, keluarga, teman dan situasi di tempat bekerja. Terlalu stress dapat memicu beberapa kondisi penyakit, seperti:

Untuk menjaga supaya tidak terlalu stress dapat melakukan beberapa hal, seperti:

Berolahraga setiap hari
Tubuh akan menjadi semakin sehat jika semakin banyak bergerak. Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membangun kekuatan otot dan tulang, dan mengatasi gangguan kesehatan. Lakukan olahraga seperti jalan cepat atau menari selama 2,5 jam setiap minggu atau melakukan olahraga yang lebih keras seperti berlari atau berenang selama 105 menit setiap minggu. Namun, jika pekerjaan terlalu sibuk maka dapat berolahraga dengan berjalan sebanyak 10.000 langkah sehari.

Memiliki berat badan ideal
Umumnya wanita lebih khawatir jika mengalami peningkatan berat badan atau memiliki berat badan yg lebih dari normal. Jika dari perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), seseorang memiliki berat badan yang tidak ideal maka perlu melakukan usaha menurunkan berat badan. Berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan kunci untuk menurunkan berat badan. Usahakan untuk dapat menurunkan berat badan 1-2kg tiap minggu.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu melacak riwayat kesehatan dan dapat membantu agar tetap sehat. Misalnya, saat hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan bahwa seorang wanita memiliki resiko untuk mengalami osteoporosis, maka dokter dapat memberikan kalsium atau vitamin D dengan dosis tepat untuk menjaga kekuatan tulang. Jika tidak memiliki gangguan kesehatan maka dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal setahun sekali.

Melakukan kebiasaan sehat
Buatlah keputusan untuk memilih hidup sehat agar tidak mengalami gangguan kesehatan di masa mendatang.

Wanita kuat membutuhkan tubuh yang selalu sehat

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2016, 14 Maret). What Do You Want to Know About Women’s Health. Diperoleh 13 Maret 2018 dari: https://www.healthline.com/health/womens-health
  2. WebMD. (2016, 21 Juni). Women’s Health Tips for Heart, Mind, and Body. Diperoleh 13 Maret 2018 dari: https://www.webmd.com/balance/features/health-tips-heart-mind-body#2
  3. WebMD. (2015, 01 Desember). Top 10 Health Tips for Women. Diperoleh 13 Maret 2018 dari: https://www.webmd.com/women/features/women-top-health-tips#2