APAKAH PEMICU BATUK BERDARAH?

Tidak semua batuk darah merupakan tanda dan gejala dari kondisi yang serius. Umumnya batuk darah disebabkan oleh bronkitis kronis yang dapat sembuh tanpa pengobatan.


Batuk darah atau dalam bahasa medis disebut hemoptysis dapat disebabkan oleh berbagai kondisi pada paru-paru. Warna darah pada batuk darah memiliki beberapa bentuk seperti merah terang atau merah muda, berbusa, atau bercampur dengan lendir. Batuk darah yang memiliki jumlah kecil atau seperti dahak yang bercampur darah sering kali bukan merupakan kondisi yang serius.

Apakah penyebab terjadinya batuk berdarah?
Batuk darah umumnya disebabkan karena terjadi gangguan pada paru-paru. Penyebab utama batuk darah adalah bronchitis kronis. Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan batuk darah:

Batuk darah juga dapat berasal dari pendarahan di luar paru-paru dan saluran pernafasan. Terjadinya mimisan atau muntah darah yang parah dari perut dapat mengakibatkan pengeringan darah ke tenggorokan. Lalu darah akan keluar bersama dengan batuk.

Bagaimana cara mengetahui penyebab batuk darah?
Pada orang yang batuk darah, pemeriksaan difokuskan pada jumlah pendarahan dan resiko lain gangguan nafas. Pemeriksaan batuk darah meliputi:

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?
Penyebab paling umum terjadinya batuk darah adalah bronkitis akut, yang biasanya akan membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, batuk darah juga dapat menjadi gejala dari kondisi medis yang serius. Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika batuk darah disertai dengan gejala:

Pada umumnya orang yang mengalami batuk darah akan dirawat di rumah sakit hingga penyebabnya diketahui.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Mayo Clinic. (2018, 11 Januari). Coughing Up Blood. Diperoleh 02 Maret 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/symptoms/coughing-up-blood/basics/definition/sym-20050934
  2. WebMD. (2017, 18 November). Coughing Up Blood (Hemoptysis). Diperoleh 02 Maret 2018 dari: https://www.webmd.com/lung/coughing-up-blood#1