BAGAIMANA CARA MEMBUANG OBAT YANG AMAN?

Pada dasarnya obat adalah racun sehingga membuang obat secara sembarangan dapat mencemari lingkungan disekitar kita. Beberapa langkah mudah dapat dilakukan untuk membuang obat dengan cara yang tepat.


Obat memiliki peran penting dalam mengobati kondisi kesehatan dan penyakit tertentu dengan penanganan yang benar. Beberapa obat dapat langsung dihentikan penggunaannya saat sudah sembuh. Sisa penggunaan obat atau obat yang telah melewati tanggal kadaluwarsa atau waktu pemakaian perlu dibuang dengan benar. Cara yang benar pembuangan obat bertujuan untuk mencegah dampak buruk bagi lingkungan.

Bagaimanakah cara membuang obat dengan tepat?
Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum membuang obat :
Perlakuan terhadap kemasan obat
Hancurkan kemasan obat yang sudah tidak terpakai lagi dengan cara menggunting atau menyobek kemasan strip dan kardus, melepas tutup botol atau tube,dan melepaskan label obat dari botolnya. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari penggunaan kembali wadah obat. Hapus atau coret informasi yang bersifat personal pada kemasan obat.

Perlakuan untuk obat bentuk padat
Untuk kapsul, tablet, atau bentuk padat lain harus dihancurkan terlebih dahulu lalu campur obat tersebut dengan tanah lalu masukkan plastik dan buang ke tempat sampah.

Perlakuan untuk obat bentuk cream, salep dan gel
Untuk salep, gel dan cream harus dikeluarkan terlebih dahulu dari pot atau tubenya dan campur obat tersebut dengan tanah lalu masukkan plastik dan buang ke tempat sampah.

Perlakuan untuk obat bentuk cairan
Untuk cairan harus di campur dulu dengan air lalu dibuang pada closet.

Perlakuan untuk obat yang mengandung antibiotik
Untuk antibiotik harus di campur dahulu dengan air sabun agar tidak mencemari lingkungan.

Obat seperti apakah yang harus dibuang?
Menyimpan beberapa jenis obat dirumah, dalam mobil, atau tas sering dilakukan untuk mengatasi perubahan kondisi kesehatan secara tiba-tiba. Obat-obat yang tersimpan dalam kotak obat atau kantong P3K tersebut perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan masih bisa dikonsumsi atau digunakan. Berikut ciri-ciri obat yang sudah tidak dapat digunakan atau dikonsumsi dan perlu dibuang:

Apakah tujuan membuang obat dengan tepat?
Pada dasarnya obat merupakan bahan kimia yang dapat memberikan efek samping atau negatif jika tidak ditangani secara benar. Berikut beberapa tujuan harus membuang obat dengan tepat dan benar:

Saat membeli obat di apotek, bertanyalah juga pada Apoteker tentang cara pembuangan obat yang benar

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Food and Drug Administration. (2017, 25 Oktober). Where and How to Dispose of Unused Medicines. Diperoleh 28 Februari 2018 dari: https://www.fda.gov/ForConsumers/ConsumerUpdates/ucm101653.htm
  2. Food and Drug Administration. (2018, 11 Januari). Disposal of Unused medicines: What You Should Know. Diperoleh 28 Februari 2018 dari: https://www.fda.gov/Drugs/ResourcesForYou/Consumers/BuyingUsingMedicineSafely/EnsuringSafeUseofMedicine/SafeDisposalofMedicines/ucm186187.htm
  3. Ikatan Apoteker Indonesia. (2017, 03 Agustus). Dagusibu IAI. Diperoleh 28 Februari 2018 dari: https://www.slideshare.net/ThaTha6/dagusibu-iai