KENALI CARA PENCEGAHAN BATU EMPEDU

Salah satu pemicu terjadinya batu empedu adalah karena gaya hidup. Melakukan diet ketat atau mengalami kegemukan dapat memicu terjadinya batu empedu.


Batu empedu merupakan endapan cairan pencernaan yang mengeras yang bisa terbentuk di kantong empedu. Kandung empedu merupakan organ bentuk seperti buah pear kecil pada sisi kanan perut dan tepat dibawah hati. Kandung empedu menyimpan cairan pencernaan disebut empedu yang akan dilepaskan ke usus kecil dan membantu proses pencernaan.
Batu empedu memiliki ukuran sebutir pasir  hingga sebesar bola golf. Jumlah batu empedu yang terbentuk berbeda pada setiap orang. Umumnya batu empedu terbentuk jika terlalu banyak kolesterol di empedu.

Apakah penyebab terbentuk batu empedu?
Jenis batu empedu yang dapat terbentuk pada kantong empedu adalah:

Selain itu, batu empedu juga dapat terbentuk ketika kantong empedu tidak dikosongkan dengan benar. Kantong empedu yang sering tidak kosong sepenuhnya bisa terakumulasi dan membentuk batu empedu.

Bagaimana tanda dan gejala terbentuknya batu empedu?
Terbentuknya atau penumpukkan batu empedu tidak selalu menimbulkan gejala atau tanda. Jika batu empedu masuk kedalam saluran tertentu dan dapat menyebabkan penyumbatan, maka tanda dan gejala yang kemungkinan terjadi adalah:

Nyeri yang terjadi karena batu empedu dapat berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam.

Apakah faktor resiko terjadinya batu empedu?
Terdapat banyak faktor resiko terjadinya batu empedu yang berkaitan dengan gaya hidup dan faktor tidak terkendali. Beberapa faktor resiko yang tidak terkendali adalah seperti usia, ras, jenis kelamin, dan riwayat keluarga.
Beberapa faktor resiko pemicu batu empedu yang dipengaruhi gaya hidup adalah:

Beberapa kondisi kesehatan yang dapat memicu terjadinya batu empedu adalah:

Bagaimana cara pencegahan terjadinya batu empedu?
Resiko terjadinya batu empedu dapat dicegah dengan beberapa langkah, seperti:

Cintai tubuh Anda dengan selalu melakukan hidup sehat.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2017, 01 Juni). Understanding Gallstones: Types, Pain, and More. Diperoleh 19 Februari 2018 dari: https://www.healthline.com/health/gallstones
  2. Mayo Clinic. (2017, 17 November). Gallstones. Diperoleh 19 Februari 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gallstones/symptoms-causes/syc-20354214