KENALI TANDA DAN GEJALA GAGAL GINJAL

Penyakit ginjal kronis atau yang umumnya disebut dengan gagal ginjal kronis merupakan kondisi dimana ginjal secara bertahap akan kehilangan fungsinya. Ginjal memiliki peran untuk menyaring limbah dari hasil metabolism tubuh dan cairan yang berlebih dari darah, kemudian mengeluarkannya melalui urin.


Pada penyakit ginjal kronis yang sudah mencapai tahap lanjut akan menyebabkan terjadinya peningkatan cairan, elektrolit dan limbah berbahaya dalam tubuh. Gagal ginjal dapat terjadi karena berbagai kondisi tubuh. Tingkat keparahannya dapat bervariasi, namun pada kasus ringan atau sedang tidak menyebabkan gejala. Seseorang yang mengalami gagal ginjal memiliki peningkatan resiko terkena penyakit jantung atau stroke. Karena kemungkinan terdapat komplikasi ini maka sanagt penting untuk dapat mendeteksi gagal ginjal sedini mungkin. Pengobatan sedini mungkin dapat memperlambat perkembangan penyakit dan juga mengurangi resiko terjadinya penyakitjantung atau stroke.

Apakah yang dimaksud dengan gagal ginjal?
Gagal ginjal merupakan kondisi dimana ginjal tidak bisa bekerja dengan baik. Terdapat dua bentuk gagal ginjal:

Bagaimana cara mengetahui fungsi ginjal?
Fungsi ginjal dapat diketahui dengan menggunakan pemeriksaan darahyang disebut dengan perkiraan laju filtrasi glomerulus (eGFR) dan ukuran jumlah protein dalam urin (proteinuria). Peningkatan protein dalam urin dan penurunan eGFR terkait dengan peningkatan resiko perkembangan gagal ginjal.

Berapakah rentang normal untuk eGFR?
Perkiraan laju filtrasi glomerulus (eGFR) normal adalah 90ml/menit/ 1,73m2 atau lebih. Jika beberapa glomeruli tidak dapat menyaring sesuai jumlah normal maka ginjal diketahui telah mengalami penurunan atau gangguan fungsi ginjal. Pemeriksaan eGFR menggunakan pemeriksaan darah dengan mengukur zat kimia yang disebut kreatinin. Kreatinin adalah hasil dari pemecahan otot. Umumnya ginjal akan membersihkan darah dari kreatinin. Jika ginjal tidak bekerja dengan baik dan glomerulus tidak menyaring darah sebanyak normal maka tingkat kreatinin dalam darah akan meningkat.

Mengapa urin dapat mengandung protein?
Proteinuria merupakan kondisi dimana urin mengandung sejumlah protein yang tidak normal. Sejumlah besar protein susah untuk melewati penyaringan ginjal sehingga akan masuk ke dalam urin. Namun, dalam kondisi normal sejumlah kecil protein (albumin) akan keluar dalam urin. Jika fungsi ginjal menurun maka akan terdapat sejumlah besar albumin dan protein lain masuk dalam urin. Proteinuria juga dapat terkait dengan peningkatan resiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Bagaimana tanda dan gejala gagal ginjal?
Gagal ginjal ringan hingga sedang yaitu pada stadium 1 hingga 3 tidak terlalu menunjukkan gejala. Gejala umumnya berkembang saat gagal ginjal mencapat tahap kronis. Gejala umumnya tidak bersifat khusus seperti merasa lelah, kurang memiliki energi dari pada biasanya dan tidak enak badan. Dengan berkembangnya gagal ginjal menjadi lebih parah, gejala yang kemungkinan timbul antara lain:

Jika penurunan fungsi ginjal hingga pada stadium 4 atau 5 maka berbagai masalah lainnya dapat terjadi misalnya seperti anemia dan ketidakseimbangan kalsium, fosfat, dan zat kimia lainnya dalam aliran darah.  Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti kelelahan karena anemia dan pengeroposan tulang atau patah tulang karena kalsium dan ketidakseimbangan fosfat.

Bagaimanakah stadium pada gagal ginjal?
Terdapat lima stadium pada gagal ginjal berdasarkan fungsi ginjal (eGFR).

Apakah penyebab gagal ginjal?
Gagal ginjal dapat terjadi ketika penyakit atau kondisi kesehatan tertentu menurunkan fungsi ginjal dan kerusakan secara bertahap pada ginjal. Penyakit dan kondisi kesehatan yang menyebabkan gagal ginjal adalah:

Apakah faktor yang meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal?
Faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal adalah:

Bagaimana cara mencegah gangguan pada ginjal?
Untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit ginjal dapat dilakukan beberapa langkah seperti:

Keep your kidney healthy and Enjoy your life 

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Mayo Clinic. (2017, 04 Agustus). Chronic Kidney Disease. Diperoleh 09 Februari 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-kidney-disease/symptoms-causes/syc-20354521
  2. Patient. (2017, 11 Desember). Chronic Kidney Disease. Diperoleh 09 Februari 2018 dari: https://patient.info/health/chronic-kidney-disease-leaflet