APAKAH KARBOHIDRAT TERBAIK UNTUK DIET?

Karbohidrat merupakan sejenis makronutrien yang banyak ditemukan pada makanan dan minuman. Sumber karbohidrat yang alami adalah seperti buah-buahan, sayuran, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


Karbohidrat merupakan kandungan makanan yang paling dihindari terutama jika berkaitan dengan menurunkan berat badan. Kebanyakan orang menganggap bahwa karbohidrat dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua karbohidrat memberikan dampak buruk.

Apakah karbohidrat itu?
Karbohidrat merupakan sejenis makronutrien yang banyak ditemukan pada makanan dan minuman. Sebagian besar karbohidrat terkandung dalam makanan nabati yang alami seperti biji-bijian. Sumber karbohidrat yang alami adalah seperti buah-buahan, sayuran, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Karbohidrat dapat dibagi menjadi tiga kategori:

Berapakah karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh?
The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan 45-65% dari total kalori berasal dari karbohidrat. Jika seseorang membutuhkan 2000 kalori dalam sehari maka 900-1300 kalori harus berasal dari karbohidrat. Hal ini setara dengan 225-325 gram karbohidrat sehari. Kandungan karbohidrat dari makanan kemasan dapat dilihat pada kolom nutrition facts. Label pada makanan kemasan menunjukkan total karbohidrat yang meliputi pati, serat, gula alcohol, bahan alami tambahan dan gula tambahan.

Apakah fungsi karbohidrat dalam tubuh?
Karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat karbohidrat:

Bagaimana cara memilih karbohidrat dengan benar?
Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk memiliki pola makan atau diet yang seimbang. Berikut beberapa tips memilih karbohidrat yang tepat.

Betulkah karbohidrat menjadi pemicu obesitas?
Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar karena terdapat beberapa bukti yang dapat menyangkal pernyataan tersebut. Menambahkan gula dan mengkonsumsi karbohidrat olahan dapat meningkatkan obesitas, namun kondisi tersebut tidak sama ketika karbohidrat yang dikonsumsi memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi karbohidrat yang memiliki kandungan serat tinggi maka dapat memperlama rasa kenyang dan dapat mengontrol berat badan.

Pilihlah jenis karbohidrat yang sehat untuk membantu mengendalikan berat badan Anda

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

1.Healthline. (2016, 18 Agustus). Good Carbs, Bad Carbs: How to Make The Right Choices. Diperoleh 05 Februari 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/good-carbs-bad-carbs

2.Mayo Clinic. (2017, 07 Februari). Carbohydrates: How Carbs Fit Into a Healthy Diet. Diperoleh 05 Februari 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/carbohydrates/art-20045705?pg=1