APAKAH MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN?

Madu memiliki kandungan antioksida seperti fenol yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.


Madu merupakan cairan manis yang dibuat oleh lebah madu dengan menggunakan nektar pada tanaman berbunga. Terdapat sekitar 320 jenis madu yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri pada warna, bau dan rasa. Madu mengandung sebagian besar gula serta campuran asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zink dan antioksidan. Selain bermanfaat sebagai pemanis alami, madu digunakan sebagai zat antiinflamasi, antioksidan dan antibakteri. Pada umumnya madu digunakan melalui oral untuk mengobati batuk.  

Apakah kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu?
Madu dihasilkan oleh lebah madu dengan mengumpulkan nektar bunga yang kaya akan gula. Didalam sarangnya, lebah berulang kali mengkonsumsi, mencerna dan memuntahkan kembali nektar. Madu merupakan cairan yang seharusnya berfungsi sebagai makanan yang disimpan untuk lebah. Bau, warna dan rasa tergantung pada jenis bunga yang dihinggapi oleh lebah.
Nutrisi madu dalam satu sendok makan mengandung 64 kalori dan17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltose, dan sukrosa. Madu juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral. Madu tidak memiliki kandungan serat, lemak atau protein.
Madu yang berkualitas tinggi memiliki kandungan antioksidan yang penting. Senyawa pada madu yang berfungsi sebagai antioksidan adalah fenol, flavonoid dan asam organik. Antioksidan pada madu dapat membantu menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Benarkah madu lebih aman dari gula bagi penderita diabetes?
Menurut penelitian madu dapat membantu penderita diabetes untuk menurunkan beberapa faktor resiko yang umum akan menyebabkan komplikasi seperti menurunkan kolesterol LDL, trigliserida, dan pembengkakan serta meningkatkan kadar kolesterol HDL. Namun pada beberapa penelitian menemukan bahwa madu juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu konsumsi madu masih perlu menjadi perhatian khusus bagi para penderita diabetes.

Apakah manfaat madu bagi kesehatan?

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2017, 15 Juni). 10 Suprising Health Benefits of Honey. Diperoleh 02 Februari 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-honey
  2. Mayo Clinic. (2017, 18 Oktober). Honey. Diperoleh 02 Februari 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-honey/art-20363819?pg=1