PERLUKAH MENGGUNAKAN SABUN KEWANITAAN?

Anggapan bahwa penggunaan douche dapat menghilangkan infeksi vagina tidak sepenuhnya benar karena ternyata dapat memperburuk infeksi vagina dan menyebarkan infeksi ke bagian lain dari system reproduksi. Seorang wanita yang menggunakan douche memiliki resiko 5 kali lebih tinggi mengalami vaginosis bakteri daripada wanita yang tidak.


Kebersihan vagina merupakan bagian penting bagi wanita. Ganggu pada vagina dapat mempengaruhi kesuburan dan fungsi reproduksi. Gangguan pada vagina dapat menyebabkan stress, berdampak pada hubungan dan kepercayaan diri. Mengenali tanda dan gejala dari gangguan kesehatan vagina dapat membantu mengatasi gangguan dan menjaga kesehatan.

Apakah yang mempengaruhi kesehatan vagina?
Vagina merupakan bagian luar area kewanitaan yang menyambung ke leher rahim (serviks). Berbagai faktor dapat mempengaruhi kesehatan vagina, seperti:

Apakah gangguan kesehatan vagina yang paling umum?
Kondisi yang mungkin dapat mempengaruhi kesehatan vagina adalah:

Bagaimana tanda dan gejala gangguan pada vagina?
Beberapa tanda dan gejala yang dapat menunjukkan adanya gangguan kesehatan pada vagina:

Apakah penggunaan douche dan sabun kewanitaan aman?
American College of Obstetrics and Gynecology tidak merekomendasikan wanita menggunakan produk douche. Vagina memiliki kondisi normal yang secara alami menjaga keseimbangan PH. Vagina juga memiliki flora normal yang membantu menghentikan infeksi dan mencegah iritasi. Jika flora normal dihilangkan dari vagina maka dapat menyebabkan infeksi, iritasi, dan komplikasi yang lebih serius.
Jika douche dan sabun kewanitaan mengganggu lingkungan alami vagina, maka dapat terjadi komplikasi yang sangat parah, seperti:

Bagaimana cara membersihkan vagina secara aman?
Cara termudah untuk membersihkan vagina adalah dengan mencuci saat mandi atau setelah buang air kecil. Sabun tidak diperlukan, tetapi jika ingin menggunakan sabun maka pilihlah yang ringan dan tidak memiliki aroma wangi. Wewangian dan bahan kimia dapat mengiritasi kulit pada vagina.

Bagaimana cara menjaga kesehatan vagina?
Beberapa langkah-langkah untuk melindungi kesehatan vagina sebagai berikut:

Berkonsultasilah dengan dokter jika terjadi gangguan pada kesehatan vagina agar dapat dilakukan terapi pengobatan yang tepat. Jangan biarkan rasa malu atau tabu hingga mencegah anda berbicara dengan dokter.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. 1.Healthline. (2017, 11 Agustus). What Is a Douche and Is Douching safe. Diperoleh 17 Januari 2018 dari: https://www.healthline.com/health/womens-health/what-is-a-douche#risks
  2. Mayo Clinic. (2015, 28 February). Vagina: What’s Normal, What’s Not. Diperoleh 17 Januari 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/vagina/art-20046562