APAKAH PENYEBAB GIGI BERLUBANG?

Streptococcus mutans dan Streptococcus sorbrinus merupakan bakteri jahat yang terdapat dalam mulut. Bakteri tersebut mendapatkan makanan dari gula yang dikonsumsi dan membentuk plak pada gigi. Jika plak tidak dihilangkan atau disikat, maka kondisi didalam mulut menjadi lebih asam dan gigi berlubang mulai terbentuk.


Lubang pada area permukaan gigi yang keras umumnya berkembang dari lubang kecil menjadi lubang yang besar. Lubang yang terjadi pada gigi disebabkan oleh beberapa faktor seperti bakteri pada mulut, terlalu sering ngemil, mengkonsumsi minuman manis, dan kurang menjaga kebersihan gigi. Gigi berlubang sangat umum terjadi pad anak-anak, remaja, dan orang dewasa.
Gigi berlubang yang tidak dilakukan pengobatan atau perawatan akan menjadi lebih besar dan mempengaruhi lapisan gigi lebih dalam. Gigi berlubang dapat menyebabkan sakit gigi yang parah, infeksi dan kehilangan gigi.

Bagaimana gejala dari gigi berlubang?
Tanda dan gejala dari gigi berlubang bervariasi tergantung dengan luas dan lokasinya. Pada awal terjadinya lubang, umumnya tidak terjadi gejala. Namun seiring dengan membesarnya lubang, maka kemungkinan dapat terjadi gejala seperti:

Apakah penyebab gigi berlubang?
Lubang disebabkan oleh kerusakan gigi yang terjadi seiring berjalannya waktu. Berikut proses terjadinya gigi berlubang:

Apakah faktor resiko yang menyebabkan gigi berlubang?
Setiap orang memiliki resiko mengalami gigi berlubang, namun beberapa faktor berikut dapat meningkatkan terjadinya resiko gigi berlubang:

Bagaimana makanan manis dapat membuat gigi berlubang?
Gula merupakan magnet untuk mendatangkan bakteri jahat. Dua bakteri jahat yang terdapat dimulut adalah Streptococcus mutans dan Streptococcus sorbrinus. Kedua bakteri tersebut mendapatkan asupan makanan dari gula yang dimakan dan membentuk plak pada gigi. Jika plak tidak dihilangkan atau disikat, maka kondisi didalam mulut menjadi lebih asam dan gigi berlubang mulai terbentuk.

Bagaimana cara pencegahan gigi berlubang?
Kebersihan mulut dan gigi yang baik dapat membantu untuk menghindari gigi berlubang dan kerusakan gigi. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu mencegah gigi berlubang.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2017, 06 April). How Sugar Causes Cavities and Destroys Your Teeth. Diperoleh 16 Januari 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/how-sugar-destroys-teeth
  2. Mayo Clinic. (2017, 19 July). Cavities/ Tooth Decay. Diperoleh 16 Januari 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cavities/symptoms-causes/syc-20352892