MENGAPA TUBUH SERING LEMAS?

Gaya hidup yang dapat menjadi penyebab tubuh mudah lemas adalah seperti mengkonsumsi alcohol secara berlebihan, melakukan aktifitas fisik yang berlebihan, kurang melakukan aktifitas fisik, kurang tidur, efek samping dari pengobatan yang dikonsumsi, dan pola makan yang tidak sehat.


Hampir semua orang pernah mengalami kelelahan karena bekerja berlebihan. Kondisi kelelahan seperti ini umumnya mudah dikenali dan kemungkinan dapat sembuh tanpa pemberian obat. Kelelahan dapat berlangsung lama dan tidak sembuh setelah istirahat. Kelelahan yang berlangsung lama dapat mempengaruhi kondisi emosional dan psikologis.
Lemah dan lelah merupakan istilah yang sering digunakan seolah-olah menggambarkan suatu kondisi yang sama. Tapi sesungguhnya menggambarkan dua sensasi yang berbeda.

Kelemahan dan kelelahan merupakan gejala dan bukan penyakit. Karena merupakan sebuah gejala maka dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan .

Apakah penyebab tubuh cepat lelah?
Kelemahan tubuh umumnya terjadi setelah melakukan terlalu banyak aktifitas pada satu waktu. Pada beberapa kasus kelemahan otot disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan seperti:

Selain karena gangguan kesehatan, gaya hidup juga dapat menjadi penyebab tubuh mudah lelah. Gaya hidup yang dapat menjadi penyebab seperti mengkonsumsi alcohol secara berlebihan, melakukan aktifitas fisik yang berlebihan, kurang melakukan aktifitas fisik, kurang tidur, efek samping dari pengobatan yang dikonsumsi, dan pola makan yang tidak sehat.

Bagaimana cara mengatasi ketika tubuh mengalami kelelahan?
Jika kelelahan dan kelemahan terjadi secara bersamaan dengan gejala lainnya, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap gejala tersebut. Terapi pengobatan selama dirumah akan mengatasi terjadinya kelemahan dan kelelahan. Kelemahan umum yang ringan dan kelelahan yang terjadi dengan penyakit virus biasanya akan membaik. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelelahan:

Bagaimana cara mencegah agar tidak mudah lelah?
Beberapa cara dapat dilakukan untuk membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah lelah, seperti:

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Mayo Clinic. (2018, 11 Januari). Fatigue. Diperoleh 11 januari 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/symptoms/fatigue/basics/when-to-see-doctor/sym-20050894
  2. WebMD. Weakness and Fatigue-Topic Overview. Diperoleh 11 Januari 2018 dari: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/tc/weakness-and-fatigue-topic-overview#3