FAKTA DAN MITOS PERAWATAN KULIT

Tidak semua perawatan kulit yang mahal dapat bekerja baik karena bahan aktif yang ditemukan pada produk mahal juga ditemukan pada produk dengan harga standart.


Tahukah anda kurang memahami tentang perawatan kulit dapat menyebabkan tujuan perawatan tidak tercapai dan menyebabkan kondisi kulit menjadi semakin parah. Beberapa mitos dan ajaran tentang perawatan kulit sering tidak didasari oleh ilmu pengetahuan. Berikut beberapa fakta tentang mitos tentang perawatan kulit.

Membersihkan wajah dengan sering untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat
Fakta:
Membersihkan wajah terlalu sering hingga lebih dari dua kali sehari dapat menyebabkan kerusakan kulit wajah. Pembersih wajah dapat menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga dapat menyebabkan iritasi dan dehidrasi. Selain itu, sebaiknya menghindari pembersih wajah yang mengandung surfaktan yang keras karena dapat menghilangkan banyak minyak pada wajah. Komposisi pembersih yang lembut seperti yang berbasis glukosa atau minyak kelapa dapat membantu membersihkan make up, namun tetap dapat menjaga kelenturan kulit.

Botox dapat mencegah keriput
Fakta:
 Secara teori, botox dapat membantu mencegah munculnya keriput. Botox dapat dilakukan pada saat awal muncul garis halus pada wajah yang umumnya terjadi pada usia 30-an. Tetapi strategi lain dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya keriput seperti melakukan perawatan kulit yang tepat dan menggunakan tabir surya. 

Keriput akan lebih mudah muncul pada kulit kering
Fakta:
Belum ada penelitian yang pasti tentang teori ini. Kulit yang berminyak memiliki lapisan yang lebih tebal sehingga lebih mampu memberi perlindungan alami terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Wanita dengan kulit berminyak kemungkinan memiliki hormone testosterone lebih tinggi sehingga dapat melindungi kulit dari berkurangnya kadar kolagen. Namun, dari kondisi-kondisi tersebut tidak serta merta menyatakan bahwa kulit berminyak tida dapat terlihat tua karena beberapa faktor seperti paparan sinar matahari dan merokok dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan keriput pada semua jenis kulit.

Junk food dapat menyebabkan jerawat
Fakta:
Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi junk food dan jerawat. Walaupun belum ada penelitian tentang ini, membatasi konsumsi junk food dapat dilakukan untuk menhindari kemungkinannya. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung anti peradangan seperti teh hijau, brokoli, dan ikan yang mengandung tinggi asam lemak omega-3.

Selulit dapat disembuhkan
Fakta:
Belum ada terapi untuk perbaikan selulit yang permanen. Beberapa perawatan mungkin dapat meminimalkan tampilan selulit, seperti penggunaan krim dan pemijatan dengan alat.

Semakin tinggi SPF maka bisa semakin lama terpapar sinar matahari
Fakta:
Terdapat 3 jenis sinar ultraviolet (UV) yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVA dapat menembus kulit hingga dapat mengubah pigmen kuit menjadi coklat. Sinar UVB dapat menyebabkan penuaan, perubahan pigmen, dan tumor. SPF bukan merupakan pedoman untuk seberapa lama sebuah produk dapat melindungi dari sinar matahari. Tabir surya yang digunakan sebaiknya adalah yang dapat melindungi sinar UVA dan UVB. Tabir surya dengan SPF berapapun akan efektif  jika dioleskan kembali setiap dua jam.

Tabir surya tidak diperlukan saat mendung
Fakta:
Radiasi sinar UV dari matahari sampai ke permukaan bumi tetap dapat terjadi bahkan pada cuaca yang mendung. Sehingga penggunaan tabir surya perlu tetap dilakukan setiap hari dan perlu diulang setiap 2 jam terutama ketika setelah berkeringat atau berenang.

Membersihkan wajah dengan sabun scrub dapat membuat kulit sehat dan bebas jerawat
Fakta:
Membersihkan wajah dengan menggunakan scrub dapat menghilangkan minyak yang melindungi kulit wajah sehingga dapat menyebabkan ruam atau iritasi.

Lebih baik mengeluarkan nanah dari jerawat dengan cara memencetnya
Fakta:
Pemencetan jerawat dengan cara yang kurang tepat dapat menyebabkan peradangan dan meninggalkan bekas pada kulit. Untuk mengeluarkan nanah sebaiknya menggunakan alat.

Produk perawatan kulit mahal bekerja paling baik
Fakta:
Tidak semua perawatan kulit yang mahal dapat bekerja baik. Karena bahan aktif yang ditemukan pada produk mahal juga ditemukan pada produk dengan harga standart.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Real Simple. Skin Care Facts and Myths. Diperoleh 07 Desember 2017 dari: https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/skin-facts
  2. WebMD. (2012, 02 Desember). 9 Skin Care Myths Debunked. Diperoleh 07 Desember 2017 dari: https://www.webmd.com/beauty/features/9-skin-care-myths#3