BAGAIMANA CARA MENURUNKAN ASAM LAMBUNG

Makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi oleh perut sehingga mengkonsumsi makanan yang tepat merupakan kunci agar dapat mengendalikan asam lambung


Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau dalam masyarakat dikenal dengan maag atau peningkatan asam lambung merupakan kondisi kronis yang terjadi pada saluran pencernaan karena meningkatnya asam lambung. Asam lambung yang berlebih ini kemudian menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esophagus adalah bagian dari saluran pencernaan antara rongga mulut dan lambung. GERD lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Terdapat  25% orang dewasa yang menderita GERD mengalami gejala sensasi terbakar di dada atau yang biasa disebut heartburn.

Apakah penyebab GERD?
Sebelum kita memahami lebih dalam mengenai penyakit asam lambung ini, mari kita pahami dulu hubungan antara esophagus dengan lambung. Ketika kita makan, makanan tersebut melalui esophagus menuju rongga lambung. Normalnya ketika makanan sudah masuk ke dalam lambung, makanan tersebut tidak dapat kembali lagi ke esophagus ataupun rongga mulut. Dengan bantuan asam lambung dan zat lainnya, makanan tersebut dicerna oleh lambung kita. Namun ternyata tidak demikian bagi penderita GERD/penyakit lambung. Pada penderita GERD, asam lambung dengan atau tanpa makanan dapat berbalik kembali menuju esophagus dan menimbulkan sensasi terbakar di rongga dada.

Tanda dan Gejala
Selain merasakan sensasi terbakar di dada, terdapat beberapa hal lain yang juga dirasakan oleh penderita GERD, yaitu

Apakah faktor yang dapat memicu GERD?
Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya GERD :

Bagaimana cara mengatasi GERD?
Perubahan gaya hidup dibutuhkan untuk membantu tercapainya tujuan terapi pengobatan GERD. Berikut perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan :

Terapi pengobatan :

Apakah makanan yang dapat menurunkan kadar asam lambung?
Makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi oleh perut. Mengkonsumsi makanan yang tepat merupakan kunci agar dapat mengendalikan asam lambung. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi gejala karena peningkatan asam lambung:

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Healthline. (2017, 19 Mei). 7 Foods to Helps Your Acid Reflux. Diperoleh 15 November 2017 dari: https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition#overview1
  2. Mayo Clinic. (2017, 01 November). Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Diperoleh 15 November 2017 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940