MENGAPA TERLALU BANYAK DUDUK BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN?

Salah satu penelitian menyatakan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam sehari memiliki beberapa resiko seperti penyakit kardiovaskular.


Pada beberapa penelitian menyatakan bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama berkaitan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti obesitas atau penyakit metabolik. Salah satu penelitian menyatakan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu  lebih dari 4 jam sehari memiliki beberapa resiko, seperti:

Peningkatan resiko terjadinya penyakit jantung berbeda dengan resiko yang disebabkan oleh merokok atau tekanan darah tinggi. Beberapa solusi dapat dilakukan agar lebih banyak bergerak. Gerakan sederhana dapat dilakukan seperti berdiri di area bekerja atau berjalan dalam beberapa menit.
Gerakan santai dan sederhana dapat memberikan dampak positif seperti membakar lebih banyak kalori, penurunan berat badan, dan peningkatan energi. Aktifitas otot dibutuhkan untuk berdiri dan gerakan lainnya dapat memicu proses penting yang berkaitan dengan pemecahan lemak dan gula dalam tubuh. Saat sedang duduk, proses ini menjadi macet dan resiko terjadinya penyakit meningkat.

Apakah resiko yang dapat terjadi karena terlalu lama duduk?

Bagaimana tetap sehat dan bugar saat bekerja?

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2016, 22 Januari). Why SittingToo Much Is Seriously Bad for Your Health. Diperoleh 31 Oktober 2017 dari: https://www.healthline.com/nutrition/why-sitting-is-bad-for-you#section1
  2. Mayo Clinic. (2015, 04 September). What are The Risks of Sitting Too Much. Diperoleh 31 Oktober 2017 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sitting/faq-20058005
  3. WebMD. 10 Tips to Improve Your Health at Work. Diperoleh 31 Oktober 2017 dari: https://www.webmd.com/women/features/10-tips-to-improve-your-health-at-work#1