BAGAIMANA AGAR TUBUH TETAP BUGAR

Memiliki tidur berkualitas selama 7-8 jam dalam sehari dapat membantu menjaga kesehatan.


Setiap orang memiliki keinginan untuk hidup lebih lama agar dapat berkumpul dengan keluarga dalam jangka waktu yang lama dan mencapai berbagai kesuksesan yang ingin diraih. Dan tidak ada orang yang memiliki cita-cita untuk menderita penyakit jantung, serangan stroke, diabetes melitus, gangguan hati, masalah pada paru-paru dan kanker. Lalu bagaimana cara agar tetap dapat sehat dan bugar?
Berikut beberapa kebiasaan yang dapat membantu untuk hidup lebih lama:

Melakukan aktifitas fisik
Menurut penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktifitas ringan sudah memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun aktifitas fisik yang lebih kuat hingga tubuh mengeluarkan keringat seperti jogging, berenang, bersepeda dapat memberikan manfaat yang lebih besar. Untuk manfaat yang lebih besar dapat dilakukan aktifitas fisik secara rutin minimal  30 menit setiap hari. Aktifitas fisik tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga merupakan cara untuk bersosialisasi atau berkumpul bersama keluarga.
Pilihlah aktifitas fisik yang dapat digunakan untuk mencegah kebosanan, menurunkan tingkat stress, dan memiliki resiko yang rendah untuk terjadi cedera. Aktifitas fisik yang dipilih juga harus disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan. Memulai aktifitas fisik sebaiknya dengan pemanasan terlebih dahulu dan diakhiri dengan pendinginan. Jika tujuan melakukan aktifitas fisik adalah untuk menurunkan berat badan maka diperlukan penambahan aktifitas fisik, tidak hanya olahraga namun seluruh kegiatan yang dilakukan. Kegiatan sehari-sehari seperti memilih untuk menggunakan tangga daripada menggunakan elevator/lift, menggunakan sepeda untuk kekantor atau sekolah.

Mengkonsumsi makanan sehat

Mengontrol kondisi emosional
Hidup sehat didalamnya juga membutuhkan kesehatan emosional dan istirahat yang cukup. Suasana hati yang bagus dapat menurunkan resiko terjadinya stress atau kecemasan. Terjadinya stress dan kecemasan dapat menurunkan kualitas dan kuantitas tidur seseorang. Mengontrol stress atau kecemasan dapat diusahakan dengan meningkatkan energi positif dalam diri, seperti melakukan meditasi dan yoga. Mencari cara untuk menyenangkan diri sendiri setelah bekerja seperti berkumpul bersama teman, pergi ke tempat pijat refleksi, atau menikmati waktu dengan membaca buku dapat membantu menurunkan tingkat stress.

Berhenti merokok
Jika anda adalah seorang perokok maka mengambil keputusan untuk memilih berhenti merokok adalah tindakan paling efektif yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko menderita penyakit dikemudian hari. Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, penyakit jantung, dan serangan stroke. Manfaat kesehatan dapat segera dirasakan setelah berhenti merokok.

Meningkatkan kualitas tidur
Memiliki tidur berkualitas selama 7-8 jam dalam sehari dapat membantu menjaga kesehatan. Berikut beberapa tips untuk mengatasi kualitas dan kuantitas tidur yang buruk :

Berhenti mengkonsumsi alkohol
Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Dampak buruk yang dapat terjadi karena penggunaan alkohol berlebihan adalah :

Kita adalah apa yang kita lakukan. Jika yang kita lakukan adalah hidup sehat maka kesehatan yang akan kita dapatkan. “Saya memilih untuk hidup sehat agar dapat hidup lebih lama”.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Healthline. (2014, 30 Juni). The Effects of Alcohol on The Body. Diperoleh 07 Februari 2017 dari : http://www.healthline.com/health/alcohol/effects-on-body
  2. Mayo Clinic. (2014, 22 Januari). Nutrition and Healthy Eating. Diperoleh 07 Februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-blog/physical-activity-habits/bgp-20085745
  3. Patient. (2015, 01 Juli). Five Choices to Help You Stay Healthy. Diperoleh 07 februari 2017 dari : http://patient.info/health/five-choices-to-help-you-stay-healthy