GANGREN DAN DIABETES

Gangren dapat dicegah dengan mengontrol kadar gula secara teratur dan rutin melakukan pemeriksaan tangan dan kaki untuk mengecek adanya luka dan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan atau bengkak.


Gangren merupakan kondisi dimana terjadi kematian jaringan tubuh karena kekurangan aliran darah atau infeksi bakteri yang serius. Gangren umumnya terjadi pada bagian organ diluar tubuh seperti jari kaki, jari tangan, dan organ luar tubuh yang lain, tetapi juga dapat terjadi pada otot dan organ bagian dalam.
Resiko terjadinya gangren lebih tinggi jika memiliki riwayat penyakit yang dapat merusak pembuluh darah dan mempengaruhi aliran darah seperti diabetes melitus atau pengerasan arteri (aterosklerosis). Terapi pengobatan pada gangren lebih efektif jika diketahui sejak dini.

Apakah tanda dan gejala Gangren?
Ketika gangren terjadi pada kulit maka akan terjadi beberapa tanda dan gejala, seperti:

Apakah penyebab terjadinya Gangren?
Gangren dapat disebabkan oleh satu atau beberapa kondisi seperti:

Jenis-jenis Gangren
Terdapat beberapa jenis gangren yang dapat terjadi pada orang dengan diabetes melitus, seperti:

Bagaimana terapi untuk gangren?
Jaringan dapat menjadi rusak karena terjadinya gangren namun, beberapa langkah dapat dilakukan untuk mencegah keparahan pada gangren. Terapi untuk mengatasi gangren dapat dilakukan berdasarkan keparahan gangren.

Bagaimana cara pencegahan gangren?
Berikut terdapat beberapa langkah untuk mencegah terjadinya gangren:

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Diabetes.co.uk. Gangrene. Diperoleh 30 Agustus 2017 dari: http://www.diabetes.co.uk/diabetes-complications/gangrene-and-diabetes.html
  2. Mayo Clinic. (2017, 13 Juli). Gangrene. Diperoleh 30 Agustus 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gangrene/manage/ptc-20337011