BAGAIMANA CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

Merokok ketika usia muda ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak pada usia tua dan juga dapat memperburuk gejala kondisi mata lainnya


Mata merupakan salah satu indra tubuh yang berfungsi untuk melihat. Mata dapat menyesuaikan diri dengan jarak dan cahaya ketika melihat objek. Fungsi mata dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia. Pada orang dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun dapat mengalami gangguan saat melihat benda dengan jarak dekat.
Selain itu mata juga dapat terjadi gangguan karena terdapat aktifitas yang diyakini dapat menyebabkan masalah pada penglihatan. Berikut beberapa aktifitas yang dianggap penyebab masalah penglihatan:

Apakah dibutuhkan pemeriksaan mata secara berkala?
Pemeriksaan mata dibutuhkan setiap 1 sampai 2 tahun untuk melihat kesehatan mata dan mendeteksi jika ada masalah penglihatan.

Apakah normal jika penglihatan dibatasi dengan lingkaran putih atau hitam ketika melihat?
Adanya lingkaran hitam atau putih terkadang menandakan terjadinya masalah yang serius seperti katarak atau glaukoma. Namun pada kasus tertentu bukan merupakan masalah serius, hanya membutuhkan beberapa terapi pengobatan dari dokter.
Terdapat titik yang blur atau hilang pada titik tengah penglihatan juga bukanlah kondisi normal yang memerlukan konsultasi dengan dokter. Salah satu penyebab adalah degenerasi makula yang mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatan terutama pada orang lanjut usia.

Apakah fungsi menggunakan kaca mata hitam saat siang hari?
Sinar matahari dapat memicu terjadinya masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula seiring bertambahnya usia. Melihat sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata. Menggunakan kaca mata yang mampu menghalangi sinar UVA dan UVB dapat membantu menjaga mata.

Bagaimana cara menjaga mata?
Penuaan dan genetik merupakan faktor resiko gangguan mata yang tidak dapat dikontrol. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang membutuhkan kaca mata untuk membantu penglihatan. Beberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga mata seperti :

Dapatkan mata sehat dan cantik dengan gaya hidup sehat dan pemeriksaan secara berkala.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. All About Vision. (2017, Mei). 8 Ways to Protect Your Eyesight. Diperoleh 03 Agustus 2017 dari: http://www.allaboutvision.com/over60/ways-to-protect.htm
  2. WebMD. (2016, 23 November). Is Your Eyesight Worsening. Diperoleh 03 Agustus 2017 dari: http://www.webmd.com/eye-health/rm-quiz-eyesight-worsening?ecd=wnl_spr_080217&ctr=wnl-spr-080217_nsl-ld-stry_1&mb=4DDisyjtXTSPYEW4cDa65RXFE73IOX1cm5oHOW%2fmre8%3d