MITOS DAN FAKTA DIET

Makan pada malam hari tidak selalu menyebabkan peningkatan berat badan jika makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan rendah kalori seperti yogurt rendah lemak atau buah-buahan.


Diet adalah istilah yang kita kenal terkait dengan usaha untuk menurunkan berat badan. Beberapa nasihat atau saran yang sering kita dengar seperti “jangan makan malam kalau mau kurus”. Benarkah mitos tersebut??

Berikut adalah beberapa fakta dari mitos yang telah didengar:

Mengurangi karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan
Fakta: Karbohidrat memiliki dua macam jenis yaitu sederhana dan kompleks. Karbohidrat yang sederhana umumnya terdapat dalam permen dan kue. Karbohidrat yang kompleks umumnya terdapat roti gandum, kacang-kacangan, dan buah yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Tidak semua karbohidrat perlu dikurangi, karbohidrat kompleks dapat tetap dikonsumsi atau menjadi menu sehat.Tidak semua karbohidrat perlu dikurangi, karbohidrat kompleks dapat tetap dikonsumsi atau menjadi menu sehat.

Makanan yang memiliki label tidak mengandung lemak dapat dikonsumsi sepuasnya
Fakta: Banyak makanan rendah lemak atau tanpa lemak umumnya memiliki kandungan gula, pati, atau garam. Sehingga kemungkinan mengandung kalori yang tinggi. Periksa label nutrisi untuk melihat jumlah kalori yang terkandung dalam makanan.

Sarapan dapat membantu menurunkan berat badan
Fakta: Betul! Mengkonsumsi sarapan yang sehat dapat membantu mengelola kelaparan dan membantu untuk mencegah mengkonsumsi camilan.

Makan di malam hari akan membuat tubuh mudah gemuk
Fakta: Orang yang makan pada malam hari memang cenderung mengalami peningkatan berat badan. Salah satu penyebabnya adalah pemilihan jenis makanannya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori pada malam hari dapat meningkatkan berat badan. Jika lapar pada malam hari, pilihlah makanan seperti yogurt rendah lemak atau buah-buahan.

Orang yang kegemukan susah untuk punya tubuh sehat
Fakta: Kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan diabetes. Semakin lama memiliki berat badan yang berlebih maka semakin beresiko seseorang mengalami komplikasi penyakit.

Puasa dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan dengan cepat
Fakta: Umumnya banyak ornag melakukan puasa yang tidak sehat seperti menutup puasa dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi kalori.

Mengkonsumsi sayuran dapat membantu untuk kehilangan berat badan
Fakta: Sayur memiliki kandungan kalori yang rendah, lemak yang rendah dan tinggi serat sehingga dapat membantu untuk kehilangan berat badan. Namun dibutuhkan perencanaan yang benar agar komposisi makan tidak mengandung tinggi kalori.

Suplemen dapat menurunkan berat badan
Fakta: Terdapat beberapa suplemen yang menyebutkan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun menurut penelitian, suplemen-suplemen tersebut tidak efektif.

Membatasi makan dan beraktifitas lebih merupakan usaha terbaik untuk menurunkan berat badan
Fakta: Betul! Jika tubuh mengeluarkan energi atau aktifitas lebih banyak daripada kalori yang masuk maka dapat membantu menurunkan berat badan. Kalori yang menumpuk dalam tubuh dapat berubah menjadi lemak dan menyebabkan peningkatan berat badan.

Diet bukanlah untuk menguruskan badan, namun upaya perubahan pola makan menjadi lebih sehat sehingga dapat memperoleh berat badan yang ideal.

Sumber:

  1. Healthline. (2015, 14 Oktober). Top 12 Biggest myths About Weight. Diperoleh 11 Oktober 2017 dari: https://www.healthline.com/nutrition/top-12-biggest-myths-about-weight-loss#section1
  2. Medline Plus. (2016, 24 April). Diet Myths and Facts. Diperoleh 11 Oktober 2017 dari: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000895.htm
  3. WebMD. (2008, 28 Oktober). The Truth Behind 10 Diet Myths. Diperoleh 11 Oktober 2017 dari: https://www.webmd.com/diet/news/20081028/the-truth-behind-ten-diet-myths#1