MENGAPA TELINGA BERDENGUNG SAAT DI PESAWAT?

Tahukah Anda penyebab telinga berdengung saat dipesawat adalah karena tekanan yang tidak seimbang antara telinga tengah dan tekanan udara lingkungan sehingga mencegah gendang telinga bergetar.


Pernahkah  telinga merasa berdengung ketika naik pesawat? Mengapa telinga bisa berdengung saat pesawat akan naik atau turun?
Telinga berdengung karena tekanan udara di lingkungan tidak seimbang sehingga terjadi tekanan pada gendang telinga dan jaringan telinga bagian tengah lainnya. Telinga yang berdengung dapat terjadi pada awal penerbangan saat pesawat sedang naik atau pada akhir penerbangan saat pesawat turun. Perubahan ketinggian yang cepat menyebabkan tekanan udara berubah dan bisa memicu telinga berdengung.
Teling berdengung juga disebut dengan istilah telinga barotrauma, media barotritis atau media aerotitis. Umumnya langkah-langkah yang dilakukan untuk mengurangi atau mengatasi dengungan seperti menguap, menelan, mengunyah permen karet. Usaha tersebut dapat mencegah atau memperbaiki perbedaan tekanan udara dan memperbaiki dengungan pada telinga.

Bagaimana tanda dan gejala terjadinya dengung pada telinga?
Gangguan telinga saat berada didalam pesawat dapat terjadi pada salah satu atau kedua telinga. Tanda dan gejala terjadinya gangguan pada telinga meliputi:

Gangguan telinga yang parah karena perbedaan tekanan dapat menimbulkan gejala:

Apakah penyebab terjadinya dengung telinga saat di pesawat?
Dengung pada telinga terjadi karena tekanan yang tidak seimbang antara telinga tengah dan tekanan udara lingkungan untuk mencegah gendang telinga bergetar. Bagian telinga yang mengatur tekanan udara adalah tabung eustachius. Tabung eustachius memiliki salah satu ujung yang terhubung ke telinga tengah dan ujung yang lain memiliki lubang kecil dimana bagian belakang rongga hidung dan bagian atas tenggorokan bertemu.
Ketika sebuah pesawat naik atau turun, tekanan udara dilingkungan berubah dengan cepat dan tabung eustachius sering tidak bereaksi cukup cepat. Menelan atau menguap dapat mengaktifkan otot yang membuka tabung eustachius dan memungkinkan telinga tengah untuk mengisi kembali suplai udara sehingga dapat menghilangkan gejala gangguan telinga didalam pesawat.

Apakah faktor yang meningkatkan resiko terjadinya gangguan telinga ketika didalam pesawat?
Setiap  kondisi yang menghalangi tabung eustachius atau membatasi fungsinya dapat meningkatkan resiko tejadinya gangguan pada telinga. Faktor resiko yang umumnya meningkatkan terjadinya kondisi tersebut adalah:

Bagaimana cara mengatasi gangguan telinga saat dipesawat?
Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meredakan gangguan telinga ketika berada dipesawat:

Beberapa hal yang perlu diketahui untuk dapat mencegah terjadinya gangguan saat penerbangan:

Sebisa mungkin menghindari perjalanan dengan menggunakan pesawat ketika sedang sakit flu, alergi, atau hidung buntu. Berkonsultasilah dengan dokter agar mendapatkan obat untuk membantu mencegah atau mengatasi gangguan pendengaran.

Sumber:

  1. Healthy Hearing. (2017, 13 April). Airplanes and Ear Pain: Why It Happens and What You Can Do. Diperoleh 04 Oktober 2017 dari: https://www.healthyhearing.com/report/52447-Airplanes-and-ear-pain-why-it-happens-and-what-you-can-do
  2. Mayo Clinic. (2016, 27 April). Airplane Ear. Diperoleh 04 Oktober 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/airplane-ear/diagnosis-treatment/treatment/txc-20200652