MITOS DAN FAKTA JERAWAT

Pernyataan bahwa jerawat hanya terjadi pada remaja ternyata hanya sekedar mitos karena hasil survey telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang berusia 30-50 tahun masih dapat memiliki jerawat.


Pernahkah Anda mendengar berbagai saran tentang cara pencegahan atau mengatasi jerawat dari orang disekitar Anda? Umumnya cara yang dianjurkan oleh orang terdekat kita adalah seperti “jangan terlalu banyak makan kacang” atau “cuci muka lebih sering agar wajah bersih sehingga terbebas dari jerawat” atau “jangan banyak makan coklat”. Faktanya sebagian besar yang diketahui oleh masyarakat tentang jerawat mungkin hanya sekedar mitos. Berikut adalah beberapa mitos dan fakta tentang jerawat yang umumnya beredar dimasyarakat.

Jerawat hanya terjadi pada remaja
Fakta: Pernyataan tersebut hanya sekedar mitos karena menurut hasil survei menemukan bahwa orang dewasa yang berusia 30-50 tahun masih memiliki jerawat. Namun pada usia dewasa, jerawat berbeda dengan ketika berusia 16 tahun atau pada masa pubertas. Pada saat dewasa jerawat yang timbul umumnya di bagian sekitar mulut dan rahang yang berbentuk seperti bentol merah.

Mengkonsumsi coklat dan minuman bersoda dapat menyebabkan jerawat
Fakta: Belum ada penelitian penunjang yang menunjukkan bahwa makanan yang mengandung susu dapat menyebabkan jerawat. Sedangkan, mengkonsumsi susu pada usia 30-an dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang sehingga tidak direkomendasikan untuk membatasi konsumsi susu.

Stress dapat memicu terjadinya jerawat
Fakta: Belum ada penelitian yang menunjang bahwa stress dapat memicu terjadinya jerawat.

Tabir surya dapat meningkatkan terjadinya jerawat
Fakta: Penggunaan tabir surya dengan komposisi yang tepat tidak memicu terjadinya jerawat atau memperparah kondisi jerawat. Pilihlah kandungan tabir surya yang dapat digunakan untuk kulit berjerawat. 

Jerawat dipicu karena jarang mencuci wajah
Fakta: Mencuci wajah yang efektif adalah dua kali sehari tetapi terlalu banyak mencuci wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Pada saat  mencuci wajah juga tidak direkomendasikan untuk menggosok karena dapat mengiritasi pori-pori yang bisa menyumbat pori-pori.

Penggunaan make up dapat memperparah jerawat
Fakta: Beberapa make up dapat  memperparah terjadinya jerawat terutama penggunaan foundation cair. Penggunaan make up juga dapat menyumbat pori-pori dapat memicu terjadinya jerawat. Oleh karena itu pemilihan bahan make up perlu diperhatikan. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk pemilihan bahan make up yang aman bagi kulit berjerawat.

Matahari dapat membantu mengatasi jerawat
Fakta: Sinar matahari dapat membantu mengatasi bila wajah hanya terpapar selama 10-20 menit per hari. Wajah yang terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi atau jerawat yang bertambah parah.

Pola makan dapat mempengaruhi jerawat
Fakta: Menurut penelitian yang terbaru menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan manis, produk susu, dan lemak cenderung memiliki jerawat yang sedang hingga parah. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan yang menyehatkan kulit.

Jerawat tidak boleh dipencet
Fakta: Jerawat dapat dipencet atau dikeluarkan jika bagian ujungnya sudah terdapat warna putih atau kuning. Pemencetan jerawat perlu dilakukan dengan benar dan dengan kondisi tangan yang bersih. Sebaiknya pemencetan jerawat dilakukan oleh terapis di klinik kecantikan kulit.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Acne.org. Acne Myths. Diperoleh 13 September 2017 dari: https://www.acne.org/myths.html
  2. Health. 16 Adults Acne Myths. Diperoleh 13 September 2017 dari: http://www.health.com/health/gallery/0,,20826624,00.html#pimple-problems-0
  3. WebMD. (2010, 08 Januari). 10 Myths and Facts About Adult Acne. Diperoleh 13 September 2017 dari: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/10-myths-and-facts-about-adult-acne#2