APAKAH PENYEBAB NYERI TUMIT

Terlalu sering melakukan aktifitas lari atau melompat dapat menyebabkan peradangan pada fasia yang menghubungkan tulang tumit ke pangkal jari kaki. Rasa sakit terjadi pada area bawah tumit. Rasa sakit pada awalnya hanya pada tahap ringan dan umumnya rasa nyeri meningkat ketika pertama kali berjalan setelah tidur pada malam hari.


Rasa nyeri atau sakit pada tumit umumnya menyerang pada bagian bawah atau belakang tumit. Umumnya nyeri tumit bukan merupakan gejala dari suatu kondisi yang serius. Umumnya nyeri tumit terjadi karena aktifitas sehari-hari seperti ketika berjalan terdapat banyak tekanan yang diterima oleh kaki. Saat melakukan aktifitas yang menapakkan kaki pada permukaan yang keras juga dapat menyebabkan nyeri tumit.
Pada banyak kasus, nyeri tumit dapat sembuh atau membaik dengan istirahat dan tanpa terapi. Namun, banyak orang mengabaikan tanda dan gejala awal nyeri tumit dan terus melakukan aktifitas yang memperberat kerja tumit. Berjalan dalam jarak yang jauh dengan tumit yang nyeri dapat memperburuk dan menjadikan kondisi yang kronis yang menyebabkan lebih banyak masalah.

Apakah penyebab terjadinya nyeri tumit?
Penyebab paling umum terjadinya nyeri tumit adalah terlalu sering melakukan aktifitas yang menekan atau membebani tumit. Nyeri tumit dapat terjadi dengan tingkat nyeri mulai dari yang ringan hingga tidak dapat digunakan beraktifitas. Dalam beberapa kasus, nyeri pada tumit membutuhkan konsultasi dokter untuk dapat mengetahui penyebab dan pemberian terapi pengobatan yang tepat.
Jika nyeri yang terjadi berada pada bagian bawah tumit, maka kemungkinan terdapat satu atau lebih kondisi yang dapat menyebabkan radang pada jaringan pada bagian bawah kaki. Berikut beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab nyeri tumit:

Jika nyeri yang terjadi adalah pada bagian samping atau belakang tumit kemungkinan terjadi karena meradangnya achilles tendon pada tulang tumit. Kondisi ini umumnya terjadi karena terlalu sering berlari atau menggunakan sepatu menggesek bagian belakang tumit. Rasa nyeri di belakang tumit dapat menjadi parah sehingga menyebabkan penebalan kulit, menjadi berwarna merah dan membengkak.

Bagaimana cara meredakan nyeri pada tumit?
Nyeri pada tumit dapat diredakan dengan melakukan penanganan dirumah. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dirumah:

Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika terjadi:

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. American Orthopaedic Foot and Ankle Society. Heel Pain. Diperoleh 11 September 2017 dari: http://www.aofas.org/footcaremd/conditions/ailments-of-the-heel/Pages/Heel-Pain.aspx
  2. Healthline. (2015, 24 September). What Causes Heel Pain. Diperoleh 11 September 2017 dari: http://www.healthline.com/health/heel-pain#overview1
  3. Mayo Clinic. (2016, 11 Februari). Heel Pain. Diperoleh 11 September 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/symptoms/heel-pain/basics/when-to-see-doctor/sym-20050788