SEBERAPA SERINGKAH HARUS MENCUCI RAMBUT?

Tidak ada aturan paten frekuensi mencuci rambut. Frekuensi mencuci rambut bergantung pada jenis rambut, tingkat produksi minyak, dan aktifitas sehari-hari. Pada orang yang bergerak aktif dan produksi minyak tinggi memerlukan setiap hari untuk mencuci rambut.


Terdapat beberapa teori yang beredar dimasyarakat seperti lebih sering mencuci rambut dapat menyehatkan rambut, namun ada juga yang menyatakan dapat merusak rambut. Menurut para ahli, belum ada jawaban yang pasti tentang frekuensi mencuci rambut yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut.

Apakah minyak pada rambut merugikan?
Rambut berminyak dapat menyebabkan terjadinya sebum atau minyak pada kulit kepala. Mencuci rambut dipercaya dapat mengurangi minyak pada rambut, namun rambut yang kehilangan minyak secara keseluruhan dapat menyebabkan rambut mengalami kasar, kusam dan susah diatur.

Apakah yang mempengaruhi frekuensi mencuci rambut?
Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan frekuensi untuk mencuci rambut:

Bagaimana cara kerja shampo?
Shampo bekerja dengan menghilangkan minyak, kotoran, dan sisa produk pengatur rambut. Seseorang yang memiliki produksi minyak normal tidak perlu mencuci rambut setiap hari karena minyak rambut yang hilang dapat meningkatkan resiko kerusakan rambut.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber:

  1. Healthline. (2017, 27 April). How Often Should You Wash Your Hair. Diperoleh 08 September 2017 dari: http://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-wash-your-hair#Overview1
  2. WebMD. (2015, Maret). How Often Do I Need to Shampoo. Diperoleh 08 September 2017 dari: http://www.webmd.com/beauty/features/how-often-wash-hair#4