MANFAAT BAWANG PUTIH BAGI KESEHATAN

Tahukah Anda bawang putih memiliki kandungan senyawa yang mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh pada manusia.


Bawang putih bukan merupakan rempah-rempah, namun merupakan salah satu sayuran. Pada jaman perang dunia I dan perang dunia II, bawang putih berfungsi untuk membantu mencegah gangren yaitu kondisi ketika jaringan tubuh mati karena infeksi atau kekurangan aliran darah.

Benarkah bawang putih memiliki khasiat lebih jika dikonsumsi mentah daripada setelah dimasak?
Suhu tinggi akibat olahan makanan dapat menyebabkan senyawa berkhasiat pada bwang putih hilang. Senyawa berkhasiat tersebut berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan peradangan, dan menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Konsumsi bawang putih mentah jika ingin mendapatkan khasiat dari bawang putih.

Apakah fungsi bawang putih?
Ternyata ada banyak sekali manfaat bawang putih, diantaranya adalah:

Dimanakah tempat  yang tepat untuk menyimpan bawang putih?
Simpan bawang putih di luar kulkas karena suhu sejuk dan kelembapan dalam lemari es dapat menyebabkan kerusakan pada bawang putih. Jauhkan bawang putih dan bawang yang lain dari makanan lain sehingga bau kuat dari bawang tidak menyebar ke sayuran yang lain.

Bagaimana cara menghilangkan bau bawang putih pada nafas?
Mengkonsumsi apel, selada, atau daun mint dapat membantu mengatasi bau nafas akibat bawang. Bau bawang pada nafas dapat bertahan hingga satu hari karena bahan kimia penyebab bau dapat masuk  ke aliran darah dan paru-paru saat tubuh mencernanya.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2017, 19 Januari). 11 Proven Health Benefits of Garlic. Diperoleh 07 Agustus 2017 dari: http://www.healthline.com/nutrition/11-proven-health-benefits-of-garlic#section1
  2. WebMD. (2017, 16 Mei). Sniff Out the Facts About Garlic. Diperoleh 07 Agustus 2017 dari: http://www.webmd.com/food-recipes/rm-quiz-garlic-facts?ecd=wnl_spr_080317&ctr=wnl-spr-080317_nsl-ld-stry_1&mb=4DDisyjtXTSPYEW4cDa65RXFE73IOX1cm5oHOW%2fmre8%3d