KENALI MASALAH KESEHATAN LEWAT KUKU

Tahukah Anda kuku yang berwarna pucat dapat menjadi tanda penyakit serius seperti anemia, gagal jantung, gangguan pada hati, dan kekurangan gizi.


Tahukah Anda kuku dapat digunakan sebagai petunjuk masalah kesehatan secara keseluruhan? Warna putih, kemerahan, gelombang, atau benjolan pada kuku bisa menjadi pertanda penyakit pada tubuh. Tanda gangguan pada hati, paru-paru, dan jantung bisa muncul pada kuku.

Berikut beberapa tanda yang terjadi:

Perubahan bentuk dan warna pada kuku dapat menunjukkan terjaidnya gangguan pada tubuh namun, bukan berarti menjadi penanda pertama. Namun, tidak semua perubahan pada kuku menunjukkan kondisi yang berbahaya. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkonsultasilah dengan dokter.

Melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dengan tenaga medis atas perubahan yang terjadi pada tubuh dapat menekan biaya pengobatan dan mempercepat penanganan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Health. (2015, 16 November). 10 Things Your Nails Can Tell You About Your Health. Diperoleh 08 Agustus 2017 dari: http://www.health.com/beauty/nail-health
  2. WebMD. (2016, 18 April). What Your Nails Say About Your Health. Diperoleh 08 Agustus 2017 dari: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-nails-and-health