BAGAIMANA CARA MENJAGA KESEHATAN TELINGA?

Kebiasaan menggunakan kapas atau cotton buds atau jepit rambut untuk menghilangkan kotoran pada telinga atau menggaruk telinga dapat menjadi pemicu masalah atau gangguan pada telinga.


Terpapar suara keras secara berulang-ulang merupakan salah satu penyebab umum kehilangan pendengaran permanen. Kerusakan akan berkembang secara perlahan dan tanpa rasa sakit atau gejala lainnya sehingga umumnya seseorang tidak menyadari sedang memiliki gangguan pendengaran hingga parah.

Bagaimana cara kerja telinga?
Telinga memiliki cara kerja dalam menerima rangsangan suara sebagai berikut:

Bagaimana cara mencegah kerusakan pendengaran akibat suara keras atau kebisingan?
Sensor suara pada telinga mengalami kerusakan karena terus menerus terpapar suara keras. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko gangguan pendengaran yang disebabkan kebisingan adalah sebagai berikut:

Kerusakan alat pendengaran karena masalah kebisingan tidak dapat kembali normal. Tetapi jika sudah memiliki beberapa gangguan pendengaran maka diperlukan usaha untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah dan menjaga kondisi pendengaran saat ini.

Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga dari beberapa penyebab selain kebisingan?
Untuk menurunkan resiko gangguan pendengaran dapat dilakukan beberapa langkah, seperti:

Batasi penggunaan earphone saat mendengarkan musik dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kerusakan pendengaran.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. WebMD. Hearing Loss-Prevention. Diperoleh 11 Agustus 2017 dari: http://www.webmd.com/a-to-z-guides/tc/hearing-loss-prevention
  2.  Hearing Loss Association of America. Noise Pollution. Diperoleh 11 Agustus 2017 dari: http://www.hearingloss.org/sites/default/files/docs/NoisePollution_Infographic_h.pdf