AKTIFITAS PENYEBAB MASALAH PADA PENGLIHATAN

Merokok ketika di usia muda dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak pada usia tua. Selain katarak, rokok juga dapat memperburuk gejala kondisi mata lainnya.


Mata merupakan salah satu indra tubuh yang berfungsi untuk melihat. Mata dapat menyesuaikan diri dengan jarak dan cahaya ketika melihat objek. Fungsi mata dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia. Pada orang dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun dapat mengalami gangguan saat melihat benda dengan jarak dekat.
Selain itu mata juga dapat terjadi gangguan karena terdapat aktifitas yang diyakini dapat menyebabkan masalah pada penglihatan.

Penyebab problem pada penglihatan
Beberapa aktifitas kita dalam keseharian ternyata dapat menjadi penyebab masalah pada penglihatan kita. Nah apa saja aktifitas tersebut?

  1. Kegiatan dibawah sinar matahari langsung
    Bahaya yang paling umum adalah mata kita berkontak langsung dengan sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari. Apalagi jika paparan sinar matahati ini berlangsung lama dengan frekuensi yang sering. Sinar ultraviolet ini akan menyebabkan kerusakan permanen pada bagian dalam mata.
     
  2. Menonton televisi dalam jangka waktu yang lama
    Mata kita tidak hanya terus-menerus menyesuaikan diri untuk fokus pada berbagai warna, ukuran dan objek, namun seringkali difokuskan pada layar pada jarak dekat untuk jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menimbulkan sakit kepala, penglihatan kabur dan komplikasi serius lainnya.
     
  3. Bermain video games
    Bermain video game selama berjam-jam adalah penyebab lain yang bisa mempengaruhi tekanan mata. Video game terus berubah dan gambar bergerak dan bermunculan. Mata bekerja keras untuk mengikuti semua hal dan tetap fokus.
     
  4. Menggunakan komputer/ laptop.
    Menggunakan computer/ laptop untuk waktu yang lama bisa menyebabkan kelelahan mata juga. Meski tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa komputer berbahaya bagi mata namun telah banyak orang mengeluhkan komplikasi pada mata karena pekerjaan yang membutuhkan penggunaan komputer berkepanjangan.
    Sebuah nama baru untuk penekanan mata komputer adalah "Computer Vision Syndrome" ini mengacu pada gambar buram dan kabur yang Anda mulai lihat saat Anda duduk dan menatap komputer untuk waktu yang lama.
     
  5. Olahraga tanpa pelindung mata
    Bermain olahraga juga bisa menyebabkan cedera mata serius. Olahraga tertentu yang melibatkan bola kecil seperti tenis, bola api, bola basket dan Ping-Pong berisiko tinggi terkena cedera mata. Setiap olahraga dimana benda longgar atau terbang di udara bisa berbahaya bagi matamu. Untuk itu sebaiknya gunakan pelindung mata seperti kacamata.
     
  6. Merokok
    Merokok merupakan ancaman bila menyangkut kesehatan mata Anda. Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk katarak, degenerasi bagian mata yang disebut makula dan penyakit mata lainnya.
     
  7. Berkebun
    Sebetulnya kegiatan berkebun baik untuk tubuh dan lingkungan hidup. Namun ternyata jika saat berkebun kita tidak menggunakan pelindung mata yang memadai, maka bisa saja akan membahayakan mata kita. Kotoran dan debu yang bertebaran saat kita melakukan penyiangan dan penanaman dapat menyebabkan iritasi bahkan menggores bagian kornea mata.
    Kegiatan berkebun ini juga termasuk saat kita memangkas rerumputan dengan menggunakan alat pemotong rumput dimana puing-puing batu yang terkena pisau pemotong dapat saya terpental dan mengenai mata kita.
     
  8. Cairan pembersih
    Dalam keseharian kita sering menggunakan cairan pembersih yang kita gunakan untuk membersihkan kaca, perabotan rumah, lantai dan lain-lain. Jika kita tidak berhati-hati maka cairan tersebut bisa saja terciprat dan mencederai mata kita.
     
  9. Berenang
    Berenang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun sebaiknya gunakan kacamata renang agar mata tidak mengalami cedera. Klorin dan bakteri di dalam air dapat menyebabkan infeksi mata atau komplikasi lainnya. Pemakai lensa kontak memiliki risiko lebih tinggi untuk jenis komplikasi ini karena lensa akan menahan bahan kimia atau bakteri secara langsung pada mata.

Apakah dibutuhkan pemeriksaan mata berkala?
Pemeriksaan mata dibutuhkan setiap 1 sampai 2 tahun untuk melihat kesehatan mata dan mendeteksi jika ada masalah penglihatan.

Apakah normal jika ada lingkaran putih atau hitam ketika melihat sesuatu?
Adanya lingkaran hitam atau putih terkadang menandakan terjadinya masalah yang serius seperti katarak atau glaukoma. Namun pada kasus tertentu bukan merupakan masalah serius, hanya membutuhkan beberapa terapi pengobatan dari dokter.

Terdapat titik yang blur atau hilang pada titik tengah penglihatan juga bukanlah kondisi normal yang memerlukan konsultasi dengan dokter. Salah satu penyebab adalah degenerasi makula yang mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatan terutama pada orang lanjut usia.

Apakah fungsi kaca mata hitam atau penangkal sinar matahari memiliki fungsi seperti tabir surya?
Sinar matahari dapat memicu terjadinya masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula seiring bertambahnya usia. Melihat sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata. Menggunakan kaca mata yang mampu menghalangi sinar UVA dan UVB dapat membantu menjaga mata.

Bagaimana cara menjaga mata?
Penuaan dan genetik merupakan faktor resiko gangguan mata yang tidak dapat dikontrol. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang membutuhkan kaca mata untuk membantu penglihatan. Beberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga mata seperti mengkonsumsi makanan sehat, tidak merokok, menggunakan kaca mata penangkal sinar matahari ketika harus bekerja atau beraktifitas diluar ruangan, dan melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Dapatkan mata sehat dan cantik dengan gaya hidup sehat dan pemeriksaan secara berkala.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. WebMD. (2016, 23 November). Is Your Eyesight Worsening. Diperoleh 03 Agustus 2017 dari: http://www.webmd.com/eye-health/rm-quiz-eyesight-worsening?ecd=wnl_spr_080217&ctr=wnl-spr-080217_nsl-ld-stry_1&mb=4DDisyjtXTSPYEW4cDa65RXFE73IOX1cm5oHOW%2fmre8%3d
  2. Glasses Crafter. 10 Common Activities Can Be Dangerous for Eyes. Diperoleh 07 Agustus 2017 dari: http://glassescrafter.com/information/dangerous-activities-for-eyes.html