DAPATKAH HIPERTENSI DICEGAH?

Menjaga berat badan agar tetap dalam kondisi normal merupakan salah satu cara untuk dapat mencegah hipertensi.


Mengkonsumsi makanan sehat sering kali dikaitkan untuk membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil atau mencegah terjadinya hipertensi. Mencegah terjadinya hipertensi juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Selain mengkonsumsi makanan sehat, beberapa gaya hidup sehat yang dapat dilakukan adalah menjaga berat badan, melakukan olahraga, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Mengkonsumsi makanan sehat
Memilih makanan yang sehat tidak hanya untuk makan besar namun juga perlu memilih camilan yang sehat. Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah terjadinya hipertensi dan komplikasinya. Selain itu dalam mengolah makanan batasi juga penggunaan garam.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi garam yang dikonsumsi:
   - Selalu melihat komposisi pada label makanan yang dibeli
   - Membatasi konsumsi makanan cepat saji
   - Mengganti garam dengan rempah-rempah saat mengolah makanan. Jumlah maksimal garam yang dikonsumsi adalah 1 sendok teh atau 2300mg.
   - Kurangi konsumsi garam secara bertahap

Menjaga berat badan
Memiliki berat badan yang masuk dalam kategori kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan resiko terjadinya hipertensi. Hitungan indeks masa tubuh (IMT) untuk mengetahui berat badan ideal. Selain dengan menghitung IMT, mengetahui kondisi berat badan saat ini dapat dilakukan dengan cara mengukur lingkar pinggang.
Ukuran lingkar pinggang normal adalah:
   - Pria memiliki lingkar pinggang normal jika tidak lebih dari 102cm.
   - Wanita memiliki lingkar pinggang normal jika tidka lebih dari 89cm.

Melakukan aktifitas fisik
Aktifitas fisik dapat membantu mengontrol berat badan untuk tetap normal dan menurunkan tekanan darah. Aktifitas fisik direkomendasikan 30 menit setiap hari dengan aktifitas seperti jalan cepat, jogging, berenang, dan bersepeda. Anak-anak dan remaja memerlukan aktifitas fisik selama 1 jam setiap hari.

Berhenti merokok
Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan resiko tinggi mengalami serangan jantung dan stroke. Berhenti merokok dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Berhenti mengkonsumsi alkohol
Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah sehingga konsumsi alkohol perlu dibatasi untuk membantu mencegah hipertensi.

Sudahkah anda hidup sehat dan rutin melakukan tensi hari ini?

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:
   1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
   2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Centers for Disease Control an Prevention. (2014, 07 Juli). Preventing High Blood Plessure: Healthy Living Habits. Diperoleh 25 Juli 2017 dari: https://www.cdc.gov/bloodpressure/healthy_living.htm
  2. Mayo Clinic. (2015, 30 Mei). 10 Ways to Control High Blood Pressure Without Medication. Diperoleh 25  Juli 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/high-blood-pressure/art-20046974