MITOS DAN FAKTA INSULIN

Insulin merupakan salah satu terapi yang perlu dilakukan untuk membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.


Wah, anda sudah pakai insulin? Berarti penyakit diabetesnya sudah parah ya?

Insulin merupakan salah satu terapi yang perlu dilakukan untuk membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Umumnya orang memiliki pemahaman yang negatif dengan penggunaan insulin karena mitos yang tersebar di masyarakat. Berikut beberapa mitos dan fakta umum tentang insulin yang dapat membantu untuk mengatasi ketakutan saat menggunakan insulin.

Mitos 1 : Menggunakan insulin berarti gagal mengontrol gula darah
Faktanya bahwa membutuhkan insulin tidak berarti gagal mengontrol kadar gula dalam darah. Diabetes merupakan penyakit yang progresif dimana pada akhirnya pankreas tidak dapat menyediakan kebutuhan insulin tubuh, walaupun sudah mengatur pola hidup. Ketika obat sudah tidak dapat mengontrol kadar gula darah maka terapi selanjutnya yang dapat dilakukan adalah penggunaan insulin. 

Mitos 2 : Insulin tidak dapat menyembuhkan diabetes
Fakta yang sebenarnya adalah pemahaman keliru bahwa diabetes karena masalah yang disebabkan oleh gula. Sebenarnya diabetes dikarenakan oleh gangguan pada insulin. Insulin yang digunakan atau diresepkan dokter sangat mirip dengan insulin yang secara alami dibentuk oleh tubuh. Insulin merupakan cara terbaik untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Mitos 3 : Insulin menyebabkan komplikasi dan kematian
Faktanya keyakinan bahwa insulin menyebabkan komplikasi atau kematian umumnya dengan melihat apa yang terjadi pada anggota keluarga atau teman yang menderita diabetes. Faktanya, insulin menurunkan resiko atau mencegah terjadinya komplikasi jika digunakan sesuai dengan anjuran dokter.

Mitos 4 : Insulin meningkatkan berat badan
Faktanya bahwa Insulin memang dapat menyebabkan pasien mengalami kenaikan berat badan. Insulin membantu tubuh menggunakan makanan lebih efisien. Jika hal ini terjadi, maka berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi.

Mitos 5 : Suntikan insulin menimbulkan rasa sakit
Fakta yang sebenarnya adalah jarum pada suntikan insulin sangat kecil dan tipis. Pada kebanyakan orang lebih merasa sakit jika disuntik ketika pengambilan darah daripada saat penggunaan insulin.

Mitos 6 :Insulin dapat menyebabkan hipoglikemia
Fakta yang benar adalah insulin dapat  menyebabkan penurunan kadar gula darah. Namun, jarang terjadi hipoglikemi atau penurunan kadar gula darah diluar rentang normal  pada penderita diabetes tipe 2. Penderita diabetes tipe 2 wajib mengenali tanda-tanda hipoglikemi, pencegahan, dan penanganannya.

Mitos 7 : Insulin menyebabkan ketagihan
Fakta yang benar yaitu insulin tidak dapat menyebabkan ketagihan atau kecanduan. Insulin merupakan zat alami yang dibutuhkan tubuh.

Nah, jadi mulai sekarang tanyakan kepada konsultan kesehatan anda jika anda menemukan mitos tentang insulin. 

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. American Diabetes Association. Insulin Myths and Facts. Diperoleh 27 Juli 2017 dari: http://clinical.diabetesjournals.org/content/25/1/39