MITOS DAN FAKTA MENYUSUI

Mitos tentang menyusui memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak orang percaya, terutama bagi para wanita. Namun ternyata tidak semua mitos itu benar adanya.


Menyusui merupakan makanan utama pada bayi yang memberikan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi. Terdapat beberapa mitos yang sering berkembang di masyarakat tentang menyusui. Berikut fakta dari mitos yang berkembang.

  1. Mitos : Bayi yang banyak minum ASI, dikarenakan tidak mendapatkan cukup asupan ASI.
    Faktanya ASI sangat mudah dicerna, sehingga bayi lebih cepat merasa lapar dari pada jika diberi susu formula. Umumnya bayi yang baru lahir perlu mendapatkan asupan ASI setiap dua sampai tiga jam.
     
  2. Mitos : Beristirahat menyusui dapat mengumpulkan lebih banyak ASI.
    Faktanya semakin sering menyusui, maka semakin banyak susu yang akan dihasilkan. Melewatkan jadwal menyusui atau beristirahat menyusui dapat mengurangi ketersediaan ASI.
     
  3. Mitos : Susu formula dapat membuat bayi tidur lebih lelap.
    Faktanya dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi susu formula juga tidak mendapatkan tidur nyenyak, meskipun tidak dapat tidur lebih lama. Susu formula tidak dapat dicerna dengan cepat.
     
  4. Mitos : Bayi yang pernah merasakan minum menggunakan dot akan bingung dan berhenti menyusu ke payudara
    Fakta nya menurut penelitian, bayi tidak akan mengalami kebingungan untuk hal tersebut.  Mengenalkan bayi dengan dot tidak akan menghilangkan kemampuan bayi untuk menyusui langsung dari payudara.
     
  5. Mitos : Menyusui akan mengubah bentuk dan ukuran payudara atau mengurangi sensitifitas
    Fakta mengatakan bahwa kehamilan dapat mengubah tampilan dan ukuran payudara, namun menurut para ahli menyusui tidak menyebabkan perubahan tersebut. Menyusui akan membantu melindungi payudara. Menurut penelitian diketahui bahwa wanita yang menyusui memiliki penurunan resiko terhadap kanker payudara.
     
  6. Mitos: Jangan membangunkan bayi yang sedang tidur untuk menyusu
    Faktanya adalah pemberian susu secara rutin pada bayi setiap dua atau tiga jam akan membuat bayi tidur lebih lama dari biasanya. Jika bayi sedang tidur di jadwal menyusui maka sebaiknya dibangunkan. Hal ini penting agar bayi mendapatkan makanan tepat waktu.
     
  7. Mitos: Menyusui dapat mencegah kehamilan
    Faktanya bahwa menyusui bukan merupakan cara untuk mengendalikan kehamilan berdasarkan kasus yang terjadi. Namun berdasarkan penelitian, menyusui memiliki efektivitas 98% untuk mengontrol kelahiran. Para ahli menyatakan bahwa hormon yang terbentuk ketika dalam proses menyusui dapat mencegah ovulasi sehingga dapat membantu untuk mencegah kehamilan. Gunakan kontrasepsi tambahan jika sudah mulai mengalami menstruasi sehingga dapat mencegah kehamilan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. WebMD. (2016, 10 Februari). Seven Myths About Brreastfeeding. Diperoleh 27 Juli 2017 dari: http://www.webmd.boots.com/children/baby/guide/7-breastfeeding-myths?page=2