JAGALAH KESEHATAN SENDI

Menggunakan tas ransel pada kedua bahu dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Karena meletakkan tas ransel hanya pada satu bahu dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada satu bahu saja.


Sendi merupakan hubungan antara dua tulang. Sendi dan organ disekitarnya memungkinan seseorang untuk dapat menekuk siku dan lutut, menggoyangkan pinggul, menekuk punggung, membalikkan kepala, dan melambaikan tangan.
Jaringan halus atau yang disebut dengan tulang rawan, sinovium, dan pelumas yang sering juga disebut bantal sendi menjaga agar tulang tidak saling bergesekan. Cara terbaik untuk merawat sendi adalah dengan menjaga sendi dan otot.

Bagaimana cara menjaga kesehatan sendi?

Posisi membungkuk tidak baik untuk persendian. Memiliki posisi berdiri dan duduk tegak dapat melindungi sendi dari leher hingga lutut. Postur tubuh yang baik juga dapat membantu menjaga sendi pinggul dan otot punggung. Postur tubuh juga penting untuk mengangkat dan membawa barang. Misal, ketika membawa ransel perlu dipastikan untuk meletakkan di atas kedua bahu. Membawa ransel hanya disatu bahu dapat menyebabkan peningkatan tekanan hanya pada satu sisi sendi. Saat mengangkat barang gunakan lutut untuk menekuk.

Mengkonsumsi makanan sehat dan aktifitas fisik merupakan cara untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tidak perlu memikirkan tubuh langsing karena berat badan normal akan mengikuti.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.  

Sumber:

  1. WebMD. (2016, 23 Januari). Caring for Your Joints. Diperoleh 07 Juli 2017 dari: http://www.webmd.com/arthritis/caring-your-joints#3
  2. WebMD. (2016, 20 Oktober). Tips to Keep Joints Healthy. Diperoleh 07 Juli 2017 dari: http://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/better-living-ra-17/active/slideshow-keep-joints-healthy