ATASI LUKA BAKAR KARENA PETASAN

Pertolongan pertama untuk kecelakaan petasan adalah dengan membilas luka bakas dengan air mengalir selama 10-15 menit dan oleskan salep untuk luka bakar. Hindari penggunaan pasta gigi, minyak, atau tepung pada luka bakar.


Menyalakan kembang api atau petasan sering menjadi tradisi untuk perayaan hari idul fitri dan tahun baru. Keamanan dalam menyalakan kembang api tidak selalu terjamin bagi pengguna maupun penonton. Memahami bagaimana cara menggunakan dengan benar sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Kecelakaan akibat penggunaan kembang api dapat menyebabkan luka bakar ringan, luka pada jari, dan luka pada mata.

Bagaimana cara penanganan pertolongan pertama jika mengalami kecelakaan karena petasan?
Cedera kembang api umumnya menyebabkan luka bakar ringan di tangan atau kaki dan luka pada jari tangan atau kaki.

Luka bakar ringan pada kaki atau tangan

Luka kecil yang berukuran sekitar satu inchi

Luka pada jari

Luka pada mata

Bagaimana cara mencegah cedera karena kembang api?
Luka karena kembang api dapat dicegah, namun tidak banyak orang tahu tentang tips keselamatan penggunaan kembang api dan ketika melihat kembang api. Berikut adalah tips keselamatan umum untuk mencegah luka karena kembang api:

Tetaplah menjaga keamanan diri dan keluarga selama menikmati kembang api.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. First Aid and CPR Courses. (2014, 07 Maret). First Aid Treatment for Fireworks Injuries. Diperoleh 20 Juni 2017 dari: http://firstaidandcprcourses.ca/first-aid-treatment-fireworks-injuries/
  2. First Aid for Life. (2013, 29 Oktober). Firework Injuries – What To Do and How to Stay Safe. Diperoleh 20 Juni 2017 dari: http://firstaidforlife.org.uk/firework-injuries-what-to-do-and-how-to-stay-safe/