GANGGUAN PADA ORGAN HATI

Salah satu penyebab gangguan pada organ hati atau liver adalah mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan memiliki akumulasi lemak pada hati.


Hati atau liver atau hepar merupakan organ yang memiliki ukuran sebesar bola sepak yang berada tepat dibawah tulang rusuk di perut bagian kanan. Hati memiliki peranan penting pada sistem pencernaan makanan dan membersihkan tubuh dari zat yang beracun.

Gangguan hati dapat diwariskan secara genetik atau disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat merusak hati seperti virus dan penggunaan alkohol. Obesitas juga dapat menyebabkan kerusakan hati. Seiring berjalannya waktu, kerusakan pada hati dapat menyebabkan sirosis, gagal hati, dan kondisi mengancam jiwa yang lain.

Bagaimana tanda dan gejala terjadinya gangguan organ hati?
Berikut beberapa tanda dan gejala dikarenakan terjadinya gangguan hati adalah:

Apakah penyebab gangguan organ hati?
Gangguan pada organ hati disebabkan oleh beberapa hal seperti :

Apakah faktor resiko dari gangguan hati?
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko dari gangguan hati adalah:

Penanganan untuk gangguan hati bergantung pada penyebabnya. Beberapa gangguan hati dapat diterapi dengan mengubah gaya hidup, seperti menghentikan penggunaan alkohol atau menurunkan berat badan. Pada kondisi tertentu gangguan hati membutuhkan terapi pengobatan atau bahkan pembedahan.

Menjaga kesehatan hati dapat dilakukan dengan perubahan pola hidup dan pola makan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2014, 15 Juli). Liver Disease. Diperoleh 19 Juni 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/liver-problems/care-at-mayo-clinic/why-choose-mayo-clinic/con-20025300