BATUK YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS

Tahukah Anda penggunaan antibiotik tidak disarankan pada batuk virus. Hal ini dikarenakan antibiotik hanya bekerja untuk membunuh bakteri.


Umumnya batuk disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus umumnya menyerang tenggorokan, atau pada jalan nafas utama (trakea), atau pada saluran udara yang masuk ke paru-paru (bronkus). Infeksi ini terkadang disebut dengan radang tenggorokan (laringitis), trakeitis, atau bronkitis.

Bagaimanakah tanda dan gejala batuk yang disebabkan oleh virus?
Batuk umumnya terjadi lebih dari satu hari atau lebih dan dapat menjadi sangat parah. Gejala lain yang mungkin dapat terjadi adalah :

Gejala umumnya memuncak setelah 2-3 hari dan kemudian akan berangsur membaik. Namun, batuk dapat tetap bertahan hingga empat minggu setelah infeksi hilang. Hal ini karena masih terjadinya peradangan pada saluran nafas.

Bagaimana cara menangani batuk yang disebabkan oleh virus?
Proses kesembuhan batuk akibat virus membutuhkan waktu yang tidak cepat. Tujuan utama dari terapi pengobatan yang dilakukan adalah untuk meredakan gejala selama sistem kekebalan tubuh membersihkan infeksi. Terapi pengobatan yang dapat dilakukan adalah :

Bagaimana dengan penggunaan obat untuk pilek dan batuk yang dijual bebas?
Obat untuk batuk dan pilek banyak dijual secara bebas di apotek dan swalayan. Obat batuk dan pilek tersebut dapat membantu untuk mengurangi gejala. Obat batuk dan pilek umumnya mengandung bahan aktif yang berbeda. Berkonsultasilah dengan Apoteker untuk mendapatkan obat yang sesuai. Beberapa obat batuk dan pilek memiliki efek samping mudah mengantuk. 

Apakah batuk virus membutuhkan antibiotik?
Penggunaan antibiotik tidak disarankan pada batuk virus. Hal ini dikarenakan antibiotik hanya bekerja untuk  membunuh bakteri. Penggunaan antibiotik pada batuk virus tidak dapat mengurangi batuk tetapi dapat memberikan efek samping dari antibiotik seperti diare , merasa mual, dan muncul ruam.

Antibiotik dapat diresepkan oleh dokter umumnya ketika terjadi penyakit paru yang kronis. Hal ini dilakukan untuk mencegh infeksi bakteri sekunder dan bukan untuk membunuh infeksi virus. 

Apakah tanda dan gejala yang menunjukkan kondisi darurat?
Umumnya batuk virus terjadi tanpa komplikasi. Namun, terkadang infeksi sekunder dari bakteri dapat berkembang bersamaan dengan infeksi virus. Hal ini dapat menjadi kondisi yang serius dan menyebabkan pneumonia. Berikut beberapa tanda dan gejala yang menunjukkan kondisi darurat :

Memahami kondisi tubuh dan berkonsultasi dengan ahlinya merupakan kunci penting untuk penyembuhan dan menjaga kesehatan.

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui: 

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB 

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

  1. Mayo Clinic. (2017, 10 Januari). 7 Ways To Combat Coughs and Colds. Diperoleh 19 Juni 2017 dari: http://mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/7-ways-to-combat-coughs-and-colds 
  2. Patient. (2016, 23 September). Cough Caused by a Virus. Diperoleh 19 Juni 2017 dari: https://patient.info/health/cough-caused-by-a-virus