MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA STROKE

Membatasi konsumsi lemak jenuh, kalori, dan garam merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko terjadinya serangan stroke lagi.


Makanan sehat dapat membantu menurunkan resiko terjadinya stroke, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, tekanan darah tinggi, dan kegemukan. Memiliki pola makan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Memiliki pola makan dengan kandungan sodium tinggi dapat memicu peningkatan tekanan darah. Pola makan yang memiliki kandungan kalori tinggi dapat meningkatkan resiko terjadinya obesitas atau kegemukan.

The American Stroke Association merekomendasikan pola makan yang sehat sebagai berikut :

Mengapa penderita stroke perlu menerapkan pola makan sehat?
Mengkonsumsi makanan sehat yang rendah lemak, garam, dan kalori dapat menurunkan faktor resiko stroke kembali. Setelah mengalami serangan stroke, seseorang akan memiliki resiko lebih besar untuk mengalami kondisi kekurangan nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan dan memperlambat proses pemulihan. Kondisi kekurangan nutrisi dapat terjadi karena :

Bagaimana cara untuk memulai konsumsi makanan sehat?
Beberapa penderita stroke mengalami kondisi kehilangan nafsu makan. Hal ini umumnya terjadi karena perubahan kondisi seperti susah menelan atau terdapat masalah pada gerakan tangan. Pembatasan jenis makanan dapat mempersulit kondisi penderita stroke. Bagaimana cara untuk meningkatkan nafsu makan dan mempermudah penderita stroke untuk makan?

Bagaimana jadwal makan untuk penderita stroke?
Untuk menjaga agar penderita stroke dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh maka disarankan untuk memiliki jadwal makan besar dan makanan ringan dengan teratur. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

Stroke bukanlah akhir dari segalanya, namun merupakan kesempatan kedua untuk memiliki pola hidup yang sehat. 

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesiaFanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

  1. American Stroke Association. (2016, 05 September). Nutrition Tips For Stroke Survivors. Diperoleh 14 Juni 2017 dari: http://www.strokeassociation.org/STROKEORG/LifeAfterStroke/HealthyLivingAfterStroke/Nutrition/Nutrition-Tips-for-Stroke-Survivors_UCM_308569_SubHomePage.jsp
  2. National Stroke Association. Diet and Nutrition. Diperoleh 14 Juni 2017 dari: http://www.stroke.org/we-can-help/stroke-survivors/living-stroke/rehabilitation/diet-and-nutrition
  3.